Tips Berburu Tiket Kereta Api lebaran

Berburu tiket kereta api lebaran memang sangat seru, ada gerutu dan kekesalan yang memuncak ketika halaman aplikasi reservasi tiket online tidak bisa diakses. Ada teriakan histeris ketika tiket impian bisa diperoleh dengan susah payah. Jika anda tak ingin bete dan galau gara-gara gagal dapat tiket mudik lebaran, maka ikuti tips berburu tiket kereta api lebaran berikut ini.

Tips Berburu Tiket Kereta Api lebaran

Berburu tiket kereta api lebaran saat ini tidaklah seperti beberapa tahun yang lalu dimana kita mesti berdiri di antrian panjang, bahkan sampai harus menginap di stasiun hingga loket pemesanan tiket dibuka.

Berburu tiket kereta api lebaran saat ini cukup dilakukan dirumah menggunakan smartphone atau laptop sambil minum teh atau kopi dan cemilan.

Sayangnya ada jutaan orang yang menginginkan tiket yang sama sehingga perburuan tiket jadi bertambah sulit.

Dengan berbagai kebijakan untuk perbaikan pelayanan yang telah dilakukan PT.KAI, minat masyarakat menggunakan kereta api makin tinggi.

Bahkan masyarakat kelas menengah saat ini pun takmalu untuk ikut berburu tiket kereta api kelas ekonomi, karena Kereta Api Ekonomi saat ini sudah sangat baik dan bagus fasilitasnya.

Baca :  Mudik Pakai KA Ekonomi Rasa Eksekutif, Tiket Hanya 80 ribu

Agar anda berhasil dalam perburuan tiket kereta api lebaran ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

1. Pasang Mobile Aplikasi di Smart Phone

Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat ulasan aplikasi reservasi tiket kereta api paling recomended. Ada 3 mobile application yang menurut hemat saya wajib diinstall di gadget anda yakni

  1. KAI Access
  2. Tiket.com
  3. Traveloka

Install ketiga aplikasi tersebut dalam smartphone anda karena pada saat puncak pemesanan tiket nanti kita sudah punya alternatif  jika salah satu aplikasi mengalami overload .

2. Bookmark Situs Reservasi Online

Buka browser pada PC/Laptop atau Smartphone  anda untuk membookmark laman situs reservasi online agar saatnya nanti anda tidak perlu mengetik secara manual alamat-alamat situs penjualan tiket kereta api lebaran online

Situs reservasi online yang bisa anda bookmark antara lain :

  1. https://tiket.kereta-api.co.id/
  2. https://tiket1.kereta-api.co.id/
  3. https://tiket2.kereta-api.co.id/
  4. https://tiket3.kereta-api.co.id/
  5. http://tiket.com
  6. http://traveloka.com
  7. http://paditrain.com
  8. http://pegipegi.com

Buka halaman web diatas, jika sudah terbuka dengan sempurna anda bisa tekan Ctrl+D di keyboard untuk menyimpan alamat situs tersebut untuk dibuka dikemudian hari dengan mudah.

3. Siapkan Catatan

Sebelum anda melakukan reservasi sebaiknya anda mempersiapkan data-data yang diperlukan dalam sebuah catatan yang mudah untuk dibaca.

Catataan yang perlu anda buat antara lain :

  1. Data calon penumpang : Nama, Nomor ID
  2. Jadwal Keberangkatan : Hari dan Tanggal
  3. Jadwal Keberangkatan Cadangan
  4.  Nama Kereta
  5. Stasiuan asal dan stasiun tujuan
  6. Nomor telpon pemesan
  7. Email pemesan

Catatan ini perlu anda persiapkan agar anda lebih mudah dalam mengentri data-data yang diperlukan.

4.Pilih Waktu Yang Tepat

Pemesanan tiket kereta api mulai dibuka pada pukul 00.00 WIB, jadi jika anda berniat mencari tiket kereta api lebaran H-10 maka anda sudah harus siap-siap didepan PC/Laptop atau smartphone anda pada hari Jumat tanggal 17 Maret 2017 jam 00.00 WIB.

Dipastikan saat itu akan ada ratusan ribu orang mengakses aplikasi reservasi online pada saat yang bersamaan.

Anda bisa memilih ikut ‘bertempur’ saat itu juga atau menunggu jeda.

Jeda waktu terbaik adalah mulai pukul 03.00 yang merupakan batas akhir pembayaran dari pemesanan yang dilakukan pukul 00.00.

Banyak orang melakukan pemesanan untuk calon penumpang yang sama menggunakan beberapa aplikasi sekaligus. Tujuan tidak lain adalah agar peluang memperoleh tiket jadi lebih tinggi.

Ketika beberapa aplikasi yang dipergunakan semua mendapatkan tiket, tentu saja hanya satu pemesanan saja yang diambil. Yang lain akan diabaikan dan akan dicancel oleh system setelah 3 jam tidak dilakukan pembayaran.

Tetapi menunggu waktu jeda, bukan pilihan terbaik meskipun bisa jadi alternatif.

5. Menggunakan akses Internet yang cepat dan stabil

Aplikasi reservasi tiket kereta api online semua berbasis Internet kecuali jika anda menggunakan call center KAI 121 atau datang langsung ke stasiun.

Akses Internet yang cepat dan stabil adalah keharusan, terutama pada puncak pemesanan kereta api yang akan berlangsung  mulai H-10 sampai dengan H+10

Bagaimana anda akan berhasil mendapatkan tiket kereta api jika anda mengakses aplikasi reservasi online menggunakan internet yang lelet.

Untungnya akses Internet saat ini sudah semakin baik dan cepat, tak terkecuali paket Internet dari smartphone anda.

6. Membuka Beberapa Aplikasi Sekaligus

Jika anda menggunakan PC/Laptop untuk mengakses aplikasi reservasi tiket kereta api lebaran, tidak ada salahnya membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Misalkan saat menggunakan browser, Tab 1 membuka situs KAI, Tab 2 membuka situs tiket.com, Tab 3 membuka situs traveloka.com

Anda cukup melakukan pemesanan pada aplikasi yang  terbuka lebih dahulu, tidak perlu mengisi ketiganya.

Jika anda menggunakan smartphone, saya sarankan membuka aplikasi pemesanan tiket yang berupa mobile app karena akan lebih sesuai dengan gadget anda.

Jika membuka aplikasi pemesanan tiket yang berupa web application menggunakan browser pada smartphone ada kalanya situs reservasi tiketnya tidak bisa tampil dengan baik pada layar smartphone.

Kesimpulan

Berburu tiket kereta api lebaran memang tidak mudah, karena pada saat yang bersamaan ada jutaan orang yang mengerjakan hal yang sama.

Persiapan dengan memasang aplikasi reservasi tiket yang terbaik , kestabilan akses Internet, dan kesabaran anda akan jadi kunci utama untuk mendapatkan tiket kereta api lebaran.

Jika anda tidak berhasil mendapatkan tiket kereta api lebaran, anda bisa mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub dimana anda akan difasilitasi untuk bisa membeli tiket kereta api lebaran pulang pergi. Program ini sudah dibuka pendaftaranya beberapa waktu yang lalu.

Jika kota tujuan yang anda cari sudah tidak tersedia pada program mudik gratis Kemenhub, anda masih bisa menunggu program mudik gratis Jasaraharja 2017 yang pendaftaranya akan dibuka beberapa waktu lagi. Dalam program ini anda bisa mendapatkan tiket kereta api lebaran gratis, pulang pergi.

Pilih mana? Mudik gratis atau mau mencoba Tips Berburu Tiket Kereta Api lebaran diatas?

Good Luck!

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *