Tiket Mudik 2017: Hiruk Pikuk Reservasi Tiket Online Tahun Lalu Akankah Terulang?

Keriuhan perburuan tiket mudik 2017 akan segera terjadi mulai dua hari kedepan karena pada hari Jumat, 17 maret 2017 pukul 00.00 PT.KAI akan membuka pemesanan tiket kereta mudik untuk keberangkatan H-10. Tahun ini merupakan tahun ke-empat bagi saya dalam mengamati fenomena perburuan tiket mudik, terutama tiket mudik kereta api lebaran.

Hiruk Pikuk Reservasi Tiket Online Tahun Lalu

Hingga pada pelaksanaan mudik lebaran tahun lalu, hiruk pikuk dan kekacauan sistem reservasi online masih terjadi meski tak separah tahun-tahun sebelumnya.

Menurut pengalaman detikcom, sejak pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan melalui website tahun 2012 lalu, website KAI selalu down. Akses untuk memesan kereta tak dapat digunakan, baik melalui website ataupun melalui toko waralaba yang bekerjasama dengan PT KAI. Kemudian ketika website pulih, seluruh tiket telah ludes.

Pengalaman serupa juga dirasakan oleh Nurul, warga asal Purworejo, Jawa Tengah. Dia mengaku selalu kesulitan mendapatkan tiket kereta api untuk mudik. Padahal Nurul selalu meluangkan waktu khusus pada malam hari saat KAI baru membuka penjualan tiket. Namun selama 5 kali berburu tiket mudik, ia hanya berhasil mendapatkannya 2 kali.

Penumpang Meningkat, Rangkaian Kereta Ditambah

Pada masa lebaran 2016 lalu, selama masa operasi lebaran (H-10) sampai dengan (H+10) tercatat ada 5,10 juta penumpang yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi lebaran.

Diperkirakan untuk masa mudik 2017 ini akan mengalami peningkatan seiring penambahan 19 kereta api tambahan dengan total seat yang sediakan sebanyak 21.860.

“Kita perkirakan bahwa akan ada peningkatan volume penumpang pada lebaran 25-26 Juni tahun ini. Selain itu tentunya untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang, kami juga menyiapkan moda angkutan yang tinggi dengan menambah jumlah seat sebesar 2,1 persen dibanding tahun lalu,” kata Edi pada acara press conferense yang berlangsung di Hall tengah stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2017).

Edi menyebut bahwa KAI menyiapkan 331 perjalanan kereta api reguler yang terdiri dari kereta api jarak jauh, sedang, dan lokal. 331 Perjalanan itu meliputi 200.154 kursi per harinya dan 38 perjalanan kereta api tambahan dengan jumlah 21.800 kursi per hari, dengan demikian jumlah total kursi yang tersedia selama masa angkutan lebaran 2017 adalah 222.014 kursi per hari.

Tiket Mudik 2017 Ramai Diperebutkan, PT.KAI Gandeng Partner

Dengan data diatas,  tersedia 222.014 bangku/seat yang akan diperebutkan oleh jutaan calon pemudik yang berburu tiket mudik kereta. Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan tiket mudik 2017.

Tapi kabar baiknya, anda tidak perlu capek berdiri berdesakan didepan loket pembelian karcis, karena anda bisa membeli tiket mudik ini secara online.

Permasalahan yang mungkin akan terjadi adalah, seberapa kuat kemampuan aplikasi reservasi dalam melayani request dari calon pemesan tiket.

Untungnya saat ini PT.KAI telah bekerja sama dengan berbagai pihak yang diharapkan mampu menjual lebih dari 60% tiket kereta api.

Sehingga anda punya banyak alternatif jika aplikasi pemesanan tiket kereta api PT.KAI mengalami overload.

Pada artikel terdahulu saya sudah membuat ulasan  Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api Online Paling Recomended

Penjualan Tiket Mudik 2017 Bertahap

Penjualan tiket mudik 2017 dilakukan secara bertahap. Untuk tiket kereta api reguler pemesanan tiket akan segera dibuka pada hari Jumat, 17 Maret 2017.

Sedangkan untuk kereta api tambahan lebaran, tiketnya akan mulai dibuka pada 17 April 2017 mendatang.

Jadi, sudah siap berburu tiket mudik 2017?

Baca :  6 Tips Berburu Tiket Mudik 2017

 

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *