Tiket Kereta Api Ludes Dalam Hitungan Menit, PT.KAI Bantah Ada Alokasi Khusus Tiket Untuk Agen

Drama perburuan tiket kereta mudik tahun ini rasanya lebih seru jika dibandingkan tahun lalu. Bagaimana tidak, untuk tahun ini situs PT.KAI masih bisa diakses pada saat puncak pemesanan tiket H-3, H-2 dan H-1 dibuka. Drama dimulai ketika proses pencarian menjadi begitu lambat, dan saat halaman terbuka, semua tiket sudah ludes terjual! Pasti ada permainan ini, gerutu netizen di social media.

PT.KAI Bantah Ada Alokasi Khusus Tiket Untuk Agen

Direktur Komersial dan IT PT KAI, Kuncoro Wibowo, di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu, 25 Maret 2017 yang lalu membantah jika PT.KAI memberikan alokasi khusus atau membagikan jatah tiket kepada agen penjualan lainnya.

“Kami membagi semuanya rata, tidak ada alokasi berapa persen berapa persen gitu,” ujar Kuncoro Wibowo.

Kuncoro kemudian menambahkan jika penyebab tiket kereta ludes dalam waktu singkat adalah karena sebagian besar  calon penumpang mengakses server pembelian tiket yang sama, yaitu website resmi milik KAI.

“Jadi semua rebutan buat dapat tiket di web KAI, hampir 75 persen,” katanya.

Padahal, menurut dia PT. KAI telah bekerja sama dengan 26 mitra agen penjualan tiket online lainnya untuk memberikan opsi dan memudahkan calon penumpang.

Baca :

Sehingga, menurut Kuncoro sebaiknya calon penumpang dapat memanfaatkan fasilitas dari agen penjualan tiket online lainnya.

Selain penjualan tiket secara online , dia pun menyarankan calon penumpang untuk membeli di minimarket 24 jam.

”Itu agar masyarakat dapat akses mudah, karena tidak semuanya punya handphone dan internet, itu harapannya kenapa kita melibatkan channel luar,” ucapnya.

Sehingga, kelangkaan tiket yang kini terjadi dapat diantisipasi.

Kuncoro mengimbau calon penumpang untuk mengakses penjualan tiket dari agen atau channel yang beragam, untuk menghindari penumpukan di satu server. Selain itu, sebagai alternatif dia juga menyarankan untuk mencoba membeli tiket dari jurusan lain yang melewati tujuan sama. “Karena satu rute memiliki tiga perjalanan kereta.”

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *