Asyik Sebentar Lagi Reservasi Tiket Bus Online Akan Diresmikan Pemerintah

Reservasi atau pemesanan tiket secara online sudah lazim diterapkan untuk moda transportasi pesawat terbang dan kereta api, tapi masih menjadi sesuatu yang baru untuk moda bus antar kota antar provinsi.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat membuat sebuah postingan layanan reservasi tiket bus online yang dimotori oleh BosBis.com dan RedBus.com.

Baca : Mau Mudik? Pesan Tiket Bus Online Aja!

Nah, kali ini pemerintah dalam hal iniĀ  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai Januari 2018 akan menerapkan pembelian tiket bus secara online sebagaimana yang sudah diterapkan pada kereta api dan pesawat.

Asyik kan…

Artinya kita bisa memesan tiket bus AKAP secara online menggunakan HP dan membayarnya melalui payment point seperti ATM atau Indomaret.

Kepala Subdirektorat Angkutan Orang, Direktorat Angkutan dan Multimoda Kemenhub, Syafrin Liputo, mengungkapan penerapan skema payment gateway pada bus-bus yang berangkat dari terminal ini otomatis menghapus keberadaan calo-calo yang berkeliaran di terminal.

“Kalau sudah online, otomatis calo hilang. Kalau penumpang begitu datang ke terminal sudah pegang tiket bus, itu meminimalkan calo tentunya,” kata Syafrin kepada detikOto.

Selanjutnya dia menuturkan, pengguna jasa PO juga bisa memesan tiket di jaringan minimarket yang saat ini sudah banyak tersebar di banyak lokasi. Saat ini, sudah lebih dari 10 PO besar yang sudah masuk ke sistem payment gateway.

Selain itu, penerapan di tahap awal baru bisa dilakukan di Jakarta dengan tujuan bus ke luar daerah. Targetnya, penerapan sistem ini bisa dilakukan paling akhir Februari 2018.

“Targetnya Januari akhir ini sudah bisa diterapkan. Paling akhir-akhir ya Februari. Kita sudah tunjuk payment gateway-nya. Ini kan masih awal, sementara Jakarta dulu, baru diterapkan ke daerah lain,” pungkas Syafrin.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, mengatakan pemberlakuan pembelian tiket secara online ini sebagai langkah peningkatan kualitas layanan bus di terminal-terminal.

“Ini upaya kita untuk peningkatan layanan penumpang bus antar kota antar provinsi. Makanya kita akan segera terapkan terobosan tiket online untuk penumpang bus, seperti yang sudah dinikmati penumpang kereta api dan pesawat,” jelas Budi.

Untuk tahap awal, kata Budi, pihaknya akan menerapkan pemesanan tiket bus online di Jakarta sebagai pilot project. Baru kemudian akan diberlakukan ke terminal-terminal lain di Indonesia. Sejumlah perusahaan otobus (PO), menurutnya, sudah bergabung dalam sistem yang saat ini tengah dikebut tersebut.

“Resminya di Jakarta dulu. Kita dorong semua PO bisa ikut. Saya dengar di Surabaya malah ada PO yang sudah menerapkan (pembelian tiket) online duluan,” kata Budi.

PO Yang Sudah Siap

Untuk tahap awal, pelaksaan tiket online untuk bus baru bisa diterapkan untuk terminal-terminal di Jakarta. Saat ini sudah lebih dari 10 PO besar yang bergabung dalam sistem pemesanan daring ini

Presiden Direktur Sinar Jaya Group, Teddy Rusly, mengungkapkan adanya sistem tersebut membuat penumpang PO bus bisa memesan tiket jauh-jauh hari. Seperti yang sudah diterapkan sepenuhnya di kereta api dan pesawat.

“Kalau dengan ini ya saya kira bisa (pesan tiket bus) jauh-jauh hari. Bisa pilih tempat duduk kalau nanti dikembangkan lagi,” ungkap Teddy kepada detikOto, Selasa (9/1/2018).

Menurut dia, Sinar Jaya sendiri ikut masuk dalam sistem payment gateway yang diinisasi Kemenhub tersebut. Namun yang pasti, hal ini bisa meningkatkan layanan penumpang, apalagi persaingan antar moda semakin kompetitif.

“Kita sudah masuk di sistem Kemenhub. Kita sudah ikut di situ. Saya kira itu menguntungkan. Tapi kita masih melihat, nantinya bagaimana responnya dari penumpang,” kata Teddy.

Nah kita tunggu ya realisasinya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *