Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Pekan Depan Akan Dibuka, Sejumlah Bus Dan Kapal Feri Disiapkan

Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2017

Mudik gratis Kemenhub selama ini selalu ditunggu-tunggu masyarakat yang ingin mudik lebaran dikampung halaman. Selain mendapatkan tiket bus dan kapal laut secara gratis, sepeda motor pemudik pun akan diangkut secara gratis sehingga saat di kampung nanti, pemudik bisa menggunakan sepeda motornya untuk bersilaturahim kesanak saudara.

Kota yang menjadi tujuan mudik gratis tahun 2018 ini, selain beberapa kota di Pulau Jawa juga sampai ke Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

Seperti yang diberitakan oleh liputan6.com, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyatakan jika pihaknya telah menyiapkan ribuan bus untuk berbagai rute dan truk pengangkut motor dimana titik awal pemberangkatanya dai Jakarta.

“Sudah saya rapatkan, ada ribuan unit bus, termasuk beberapa truk untuk angkut motor. Kita persiapkan beberapa rute dari Jakarta, yaitu ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat,” jelasnya ketika dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (18/3/2018).

“Minggu depan sudah buka pendaftaran manual dulu melalui kantor Dishub Jabodetabek. Harapan saya Senin (bisa dibuka), dan saya pastikan Selasa sudah dibuka,” lanjut dia.

Program mudik gratis Kemenhub moda bus dan kapal laut 2018 ini merupakan kerjasama dengan Jasa Raharja, dana yang dipergunakan sebagian dari APBN dan sebagian lagi merupakan penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) Jasa Raharja.

Dari kerjasama tersebut, total tersedia sekitar 2 ribu bus gratis yang diperuntukkan sebagai angkutan mudik. Bus-bus itu direncanakan sudah dapat memulangkan pemudik ke tempat asalnya sekitar seminggu sebelum Lebaran Idul Fitri berlangsung pada 14 Juni 2018.

“Kurang lebih 2.000 bus itu nanti sudah dapat beroperasi antara tanggal 7-9 Juni,” tukas Budi.

Selain bus gratis, pemudik juga akan dimanjakan dengan keberadaan kapal feri gratis. Budi meneruskan, Kemenhub sudah menyiapkan 3 kapal feri dari Jakarta yang akan diberangkatkan menuju tiga tempat.

“Ada juga 3 kapal feri, untuk ke Semarang, Surabaya dan Lampung. Masing-masing rute 1 kapal,” ujarnya.

Kemenhub mengadakan proses lelang untuk menentukan siapa pihak yang bisa diajak bekerjasama terkait pengadaan kapal feri mudik gratis itu.

Namun begitu, Budi mengaku belum mengetahui lebih lanjut apakah sudah ada pihak yang keluar sebagai pemenang lelang. “Lagi proses, saya belum tahu,” pungkas dia.

Beberapa persyaratan yang harus anda persiapkan untuk ikut mudik gratis Kemenhub 2018 ini adalah SIM C, STNK, KTP dan KK.  Pastikan jika pajak STNK motor anda sudah terbayar lunas.

Jika anda ingin menitipkan sepeda motor untuk diangkut ke kampung menggunakan truk, pastikan jika motor anda dalam keadaan tidak dimodifikasi dan laik jalan.

 

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *