Mudik Gratis PBNU Sediakan 2.400 Tiket Bus, Begini Cara Daftarnya

Mudik gratis PBNU menyediakan 2.400 tiket bus yang bisa didapatkan secara gratis untuk mudik lebaran tahun ini. Rencananya mudik gratis ini akan diberangkatkan dari halaman Gedung PBNU Jl Kramat Raya 164 Jakarta Pusat pada hari Ahad 18 Juni 2017 dengan tujuan bebeberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung.
Sebanyak 41 bus dipersiapkan oleh Lembaga Takmir Masjid (LTM-PBNU) selaku panitia Mudik Grats PBNU untuk keperluan mudik gratis ini. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya menggunakan 33 unit bus.
Selain peningkatan jumlah armada dibandingkan tahun lalu, untuk tahun ini juga terdapat penambahan kota tujuan mudik di Sumatera, yakni Tulang Bawang dan Metro.
“Penambahan unit bus, disamping untuk bisa mengangkut lebih banyak pemudik, juga memperluas trayek tujuan pemudik sampai ke Sumatera, di mana  tahun-tahun sebelumnya belum pernah dilakukan,” kata Ketua Panitia Mudik Gratis PBNU Ibnu Hazein di Gedung PBNU, Senin (22/5).

Jadwal Pendaftaran dan Keberangkatan Mudik Gratis PBNU

Pemberangkatan mudik gratis ini akan dipusatkan di halaman Gedung PBNU Jl Kramat Raya 164 Jakarta Pusat pada hari Ahad 18 Juni 2017.
Sementara  pengambilan formulir calon peserta mudik akan dibuka pada hari Sabtu tanggal 3 Juni 2017. Syarat mengikuti mudik gratis cukup mudah, yakni dengan menyerahkan foto kopi KTP/SIM, dan Kartu Keluarga (KK).
“Sedangkan penukaran tiket atau kepastian mendapatkan seat dilakukan pada hari Sabtu tanggal 10 Juni 2017,” tambah Ibnu.

Kota Tujuan Mudik Gratis PBNU

Kota-kota yang menjadi tujuan dari mudik gratis di Sumatera adalah Tulang Bawang dan Metro, sedangkan kota di P.Jawa yang menjadi tujuan adalah sebagai berikut :
  1. Cirebon,
  2. Tegal,
  3. Pekalongan,
  4. Semarang,
  5. Solo,
  6. Wonogiri,
  7. Yogyakarta,
  8. Cilacap,
  9. Malang,
  10. Mojokerto,
  11. Madiun,
  12. Banyuwangi via Siitubondo,
  13. Banyuwangi via Jember,
  14. Probolinggo,
  15. Surabaya,
  16. Sumenep,
  17. Pamekasan.
Untuk menjamin kenyamanan peserta mudik gratis, panitia menyiapkan posko-posko lebaran berbasis masjid, mulai dari Merak, Banten sampai ke Banyuwangi, Jawa Timur. Posko-posko berfungsi sebagai tempat istirahat.
“Panitia akan menempatkan titik-titik posko yang rawan kemacetan terutama jalur pantura daerah  Karawang, Subang, Indramayu, Batang dan Kendal,” ujarnya.
Di samping itu, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik, panitia menyediakan bus berkualitas dan ber-AC. Walaupun gratis, panitia juga menyiapkan menu untuk berbuka puasa di perjalanan berupa nasi box, air mineral, dan vitamin serta oat-obatan.
Silahkan share informasi mudik gratis dari PBNU ini untuk saudara-saudara kita yang ingn ikut mudik gratis tapi tidak punya SIM C ataupun sepeda motor, karena persyaratan untuk mudik gratis PBNU ini hanya berupa KTP dan KK.
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *