Kapan Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019 Dibuka Pendaftaranya?

Apakah anda sedang menunggu kepastian program mudik gratis Natal dan Tahun Baru 2019 dari pemerintah? Jika iya maka informasi dibawah ini pasti akan sangat bermanfaat sekali.

Meskipun libur natal dan tahun baru 2019 baru akan tiba beberapa bulan kedepan, tetapi animo masyarakat yang mencari informasi mudik gratis untuk natal dan tahun baru sudah banyak.

Hal ini terpantau dari beberapa pertanyaan dan komentar di Facebook Fans Page Info Mudik Gratis yang menanyakan apakah tahun ini ada program mudik gratis untuk tahun baru seperti pada libur hari raya Idul Fitri?

Untuk mengetahui hal tersebut, mimin mencoba mencari informasi terkait dengan menelusiri akun twitter Jasa Raharja dan Kemenhub sebagai institusi pengelola program mudik gratis yang selama ini sudah diselenggarakan.

Khususnya untuk mudik gratis pada hari raya Idul fitri dan juga pada libur natal dan Tahun Baru

Jadwal Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019

Kepastian pelaksanaan  mudik gratis natal dan tahun baru 2019 hingga hari ini memang belum bisa didapatkan, akan tetapi jika mengutip pernyataan dari  Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi yang dimuat di halaman detik.com beberapa waktu lalu, maka pelaksanaan mudik gratis natal dan tahun baru 2019 ini hanya tinggal menunggu waktu launchingnya saja.

Seperti dalam gambar diatas, pada halaman web tersebut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menjadikan mudik gratis Natal-Tahun Baru sebagai program tetap. Kemenhub berharap peminat mudik gratis akan meningkat tahun depan.

“Memang kita ingin ada kesimbangan. Kalau lebaran suka ada mudik gratis, kenapa untuk natal dan tahun baru tidak ada? Jadi kita coba,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat seremoni keberangkatan peserta mudik Natal-Tahun Baru gratis di lapangan Parkir Sentral B Taman Impian Jaya Ancol, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (23/12/2017).

Syarat dan Cara Daftar

Syarat untuk mengikuti program mudik gratis natal dan tahun baru ini sama dengan persyaratan mudik gratis lebaran yakni :

  1. SIM / KTP
  2. STNK
  3. KK ( jika anda ingin mendaftarkan anggota keluarga )
  4. Melakukan pendaftaran

Sementara untuk pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi mudik gratis kemenhub di halaman http://mudikgratis.dephub.go.id/

Setelah melakukan pendaftaran secara online, selanjutnya anda harus melakukan verifikasi ke tempat yang telah ditentukan.

Untuk perhelatan mudik tahun lalu, verifikasi dokumen dilakukan di Gedung Kemenhub, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Saat verifikasi, anda harus membawa bukti pendaftaran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kuota dan Kota Tujuan

Kuota atau jumlah tiket yang disediakan untuk mudik gratis natal dan tahun baru 2018 lalu sebanyak 50 bis atau sekitar 2.500 penumpang.

Lalu bagaimana untuk kuota tahun ini?

Semoga instansi yang berwenang bisa mengalokasikan dana yang lebih banyak sehingga tersedia kuota yang lebih besar sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa mengikuti mudik gratis ini.

Kota yang menjadi tujuan mudik gratis tahun lalu juga baru tersedia 3 kota saja yakni Semarang, Yogya dan Solo.

Tentu saja kita berharap pihak pemerintah, dalam hal ini Jasa Raharja dan Kemenhub bisa menyediakan kota tujuan yang lebih luas lagi semisal sampai ke jawa Timur dan Sumatera agar seakin banyak masyarakat yang bisa ikut mudik gratis natal dan tahun baru.

Untuk memantau perkembangan informasi mudik gratis natal dan tahun baru 2019 ini, silahkan bergabung di Info Mudik Gratis

 

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *