Mudik Gratis Kemenhub 2020 : Kemenhub Siapkan 1.087 Bus, Kapan Mulai Pendaftaranya?

Untuk menghadapi musim mudik lebaran tahun 2020, Kemenhub akan menyediakan 1.087 unit bus yang dipekirakan mampu mengangkut sampai 48.915 orang  untuk mudik gratis nanti.

Dan beberapa kota tujuan baru juga akan ditambah untuk memperluas pelayanan mudik gratis.

Dilansir dari BisnisNews.id, Kasi Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek Ditjen Hubdat  Erlina Indriasari, ATD, MT  mengatakan:

“Pemerintah cq. Ditjen Perhubungan Darat,  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyediakan  sekitar  1.087 bus. Mereka bisa menampung  sampai 48.915 orang  untuk mudik gratis (mutis) pada masa libur Lebaran 2020.”

“Mereka akan melayani arus mudik dari Jakarta ke berbagai kota di Indonesia. Kini, proses sudah mulai disiapkan dan dibahas serta komunikasi dengan berbagai komunitas di Jabodetabek,”

Hal ini diungkapkan di Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Dikatakan, Kemenhub akan menyiapkan berbagai tujuan mudik gratis dari Jakarta dan sekitarnya. Peserta mudik grtais dibuka untuk umum, selama kuota masih tersedia. “Mereka itu antara lain ke Padang, Palembang, Lampung, Jabar, Jateng, Jatim, dan Bali,” kata Erlina lagi.

Sebelumnya, aku Erlina, pihaknya menggelar acara Rapat Bersama Panguyuban- Paguyuban Warga Indonesia Se-jabodetabek. “Kegiatan ini membahas persiapan jajat nasional bangsa Indonesia, yaitu Mudik Gratis Lebaran 1442 H/2020 M,” jelas alumni STTD Bekasi itu.

Tahun 2020 ini, papar dia,  Kementerian Perhubungan akan  menambah jurusan baru untuk kota sebagai tujuan mudik gratis.

“Warga perantauan yang ada di Jabodetabek, manfaatkan sebaik-baiknya program Mudik Gratis  dari Kementerian Perhubungan ini,” seru Erlina.

Daripada pulang mudik naik sepeda motor, atau kendaraan lain yang belum jelas kelaikannya, menurut Erlina, lebih baik ikut mudik gratis ini. Mudik gratis dibiaya dengan APBN, dan sebagian lain dengan dana CSR perusahaan baik swasta atau BUMN di Tanah Air.

“Warga perantauan  di Jabodetabek bisa memilih tujuan mudik sesuai tujuan. Mereka akan diangkut saat mudik dan arus baliknya.  Ini merupakan bagian upaya Pemerintah/ Kemenhub untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya,” kilah pejabat Ditjen Hubdat itu.

Jadwal Pendaftaran

Sayangnya sampai saat berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi kapan pendataran akan dibuka.

Tapi anda tak perlu khawatir ketinggalan informasinya.

Karena anda bisa mengikuti diskusi dan sharing informasi di Komunitas Info Mudik Gratis Facebook di halaman ini.

Selain itu anda juga bisa memantau secara langsung di halaman pendafatran mudik gratis Kemenhub di halaman https://mudikgratis.dephub.go.id/

 

Cara dan Syarat Pendaftaran

Untuk bisa mengikuti mudik gratis kemenhub 2020 ini anda bisa mendaftar secara online dan selanjutnya melakukan verifikasi.

Untuk lebih detailnya inilah syarat dan cara pendaftaranya.

  1. Calon perserta mudik WAJIB mendaftar secara online pada situs pendaftaran resmi http://mudikgratis.dephub.go.id.
  2. Selanjutnya calon peserta mudik melakukan verifikasi ke Gedung Cipta Kantor Kementerian Perhubungan RI di Jalan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat mulai jam 09.00 – 16.00 WIB.
  3. Pelaksanaan verifikasi paling lambat 3 (tiga) hari setelah pendaftaran (online), apabila terlampau maka secara otomatis sistem akan membatalkan pendaftaran calon peserta
  4. Pada saat verifikasi calon peserta mudik WAJIB membawa persyaratan (KTP, Kartu Keluarga, STNK dan SIM) asli dan fotocopy masing-masing 1 (satu) lembar.