Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2019 Moda Bus Sudah Dibuka, Ini Caranya

Pembukaan pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2019 akan dimulai tanggal 20 Maret 2019 secara online melalui halaman http://mudikgratis.dephub.go.id . Untuk masa mudik lebaran tahun ini, Kementrian Perhubungan  menyiapkan 1.200 bus yang dapat membawa 54.000 pemudik ke 40 kota tujuan.

Dikutip dari halaman detik.com, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan secara manual dan online. Pendaftaran online, jelas Budi, akan dibuka pada Kamis (20/3).

“Jadi mendaftarkannya sama seperti yang tahun lalu karena ini sudah kita pastikan, yaitu mudikgratis.dephub.go.id ini online. Mulai besok untuk online,” kata Budi saat konferensi pers di kantor Kemenhub, Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/3/2019).

 

Jadwal Keberangkatan dan Rute

Pemberangkatan penumpang akan dijadwalkan tiga hari sejak H-6 lebaran, yaitu pada 30 dan 31 Mei, dan dilanjutkan pada 1 April 2019. Budi menyebut pemberangkatan bus akan dilakukan di lima titik wilayah Jabodetabek.

“Ada di Monas, Bogor di Stadion Pakansari, ada juga di Depok, kemudian Tangerang di kantor Pemda Kabupaten Tangerang, dan Bekasi titik ya di lapangan Summarecon Bekasi, jadi Jabodetabek ada semuanya pemberangkatan,” katanya. Sedangkan untuk kepulangan dijadwalkan pada 7 dan 8 Juni 2019.

Untuk rute dan kota tujuan di wilayah Jawa Barat, ada Cirebon, Banjarpatoman (via Tasikmalaya dan Ciamis), dan Kuningan.

Sementara di wilayah Jawa Tengah dan DIY, ada Slawi (via Tegal), Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara, dan Cilacap.

Di wilayah Jawa Timur, terdapat kota Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, dan Pacitan.

Untuk wilayah Sumatera, ada kota Lampung, Palembang, dan Padang.

Budi Setiyadi menyebut, untuk masing-masing kota tujuan arus balik ini memiliki jumlah armada bus yang berbeda.

“Yogyakarta ada 60 bus, Solo 80 bus, Wonogiri 30 bus, Semarang 30 bus, dan Purwokerto 30 bus, semua totalnya ada 230 bus akan disiapkan,” tegas Budi, sapaannya.

Titik arus balik akan juga dilakukan di lima titik.

“Terus untuk arus balik akan dilakukan di Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Solo, dan Terminal Giri Adipura Wonogiri,” papar Budi.

 

Pendaftaran Manual ( Offline )

Sedangkan pendaftaran manual, jelas Budi, belum dipastikan waktunya. Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan di daerah terlebih dulu, namun diperkirakan akan dibuka pada awal April 2019.

mudik gratis kemenhub

“Kalau manualnya nanti ada di dinas perhubungan daerah, nanti kita kontrak di Kemenhub, termasuk dengan dinas perhubungan akan membuka pendaftaran secara manual. Kalau manual tunggu kontrak, sekitar awal April,” ucapnya.

Syarat Pendaftaran

  1. Satu pendaftar harus memiliki SIM C dan hanya dapat mendaftarkan satu unit motor (bagi yang membawa sepeda motor), dan akan diberikan kode booking (selama alokasi masih tersedia) untuk 2 orang dewasa 2 Infants ( mendapat 4 Kursi);
  2. Semua Peserta mudik 2019 dengan moda BUS, dapat mendaftarkan diri secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id;
  3. Bagi para peserta yang sudah mendaftar secara online, apabila dalam waktu 3 x 24 jam setelah menerima bukti pendaftaran tidak melakukan registrasi ulang/ verifikasi di lokasi yang ditunjuk*), maka data yang didaftarkan akan terhapus secara otomatis oleh sistem dan kode booking tidak dapat digunakan kembali;
  4. Pemberangkatan sepeda motor, 1 hari lebih awal dari tanggal keberangkatan Peserta Mudik Bus yang terdapat di tiket yang dimilik oleh pemudik;
  5. Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang;
  6. Sepeda motor diserahkan langsung ke lokasi yang ditunjuk**) pukul 08.00 – 17.00 WIB;
  7. Pada saat pendaftaran dan penyerahan motor wajib menunjukkan KTP asli pendaftar, Kartu Keluarga Asli, STNK Asli (Nama di STNK boleh berbeda dengan nama di KTP) dan menandatangani bukti pengiriman. Tangki BBM dikosongkan, Spion dilepas dan di bawa sendiri oleh Peserta;
  8. Helm dibawa oleh masing-masing peserta, dan tidak dapat dikirimkan bersama motor;
  9. Bagi peserta yang tidak menyerahkan motor, maka bukti pendaftaran ini dianggap hangus dan tidak berlaku serta bukti pembelian tiket penumpang tidak dapat diuangkan ataupun diubah menjadi nama lain;
  10. Para Peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku.
  11. Keterangan
    • *) LOKASI DAFTAR ULANG (VERIFIKASI)/ PRINT TIKET
      • JAKARTA, Gedung Cipta Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M
      • BOGOR, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor
      • TANGERANG, Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang
      • BEKASI, Dinas Perhubungan Kabupaten dan Kota Bekasi
    • **) LOKASI PENYERAHAN SEPEDA MOTOR & PEMBERANGKATAN PENUMPANG
      • JAKARTA, Kantor Bulog Divre I Jakarta Utara (Kelapa Gading)
      • BOGOR, Pakansari Stadium Bogor
      • TANGERANG, Kantor Pemkab Tangerang
      • BEKASI, Lapangan Summarecon Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *