Kuota Mudik Motor Gratis Kemenhub Masih Tersisa 30%, Apakah Anda Sudah Ambil Bagian?

Kuota mudik motor gratis Kementerian Perhubungan sampai dengan minggu ke-3 April 2017 ini masih tersisa sekitar 30% lagi. Bagi anda yang ingin mudik lebaran bisa memanfaatkan program ini agar tidak perlu ambil resiko mudik dengan sepeda motor.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan per 19 April 2017, jumlah peserta Angkutan Motor Gratis KA ini telah mencapai 13.608 orang pendaftar, atau setara 70% dari total kuota yang tersedia untuk Angkutan Motor Gratis KA. Artinya, masih tersisa 30% dari kuota.

Dari 13.608 orang pendaftar yang telah terverifikasi untuk ikut serta pada Penyelenggaraan Motis tahun 2017, sejumlah 7.161 merupakan pendaftar untuk arus mudik dan 6.447 pendaftar untuk arus balik.

Selain peningkatan pada alokasi motor yang akan diangkut dari 15.834 pada tahun 2016 menjadi 18.096 pada tahun ini, ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan pada Pelaksanaan Penyelenggaraan Motis tahun 2017 ini.

Beberapa perubahan tersebut, antara lain jumlah Stasiun Pemberhentian meningkat menjadi 35 stasiun dari 21 stasiun pada 2016. Lintas Selatan I, Jakarta Gudang – Kutoarjo tahun lalu menjadi lintas Jakarta Gudang – Bandung – Kutoarjo tahun 2017. Sementara, lintas Selatan II yang tahun lalu melintasi Jakarta Gudang – Kediri menjadi lintas Jakarta Gudang – Cirebon – Lempuyangan – Blitar. Adapun lintas Utara sama dengan tahun lalu yakni lintas Jakarta Gudang – Surabaya Pasarturi.

Jumlah kereta bagasi/barang pada 2016 lalu ada 5 rangkaian KA, masing-masing KA terdiri atas 7 Rangkaian Bagasi + 1 Pembangkit, sedangkan tahun 2017 ada enam rangkaian KA, masing-masing KA terdiri atas 8 Rangkaian Bagasi + 1 Pembangkit. Untuk pemantuan pelaksanaan kegiatan Motis tahun ini menggunakan barcode yang terintegrasi dengan website mudikgratis.dephub.go.id, sedangkan pada tahun 2016 dilaksanakan secara manual.

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti program mudik motor gratis ini masih bisa mendaftar secara online di : http://mudikgratis.dephub.go.id/frontend/web/

Untuk masa pendaftaran tahap 2 yang telah dimulai sejak tanggal 17 April s.d. 4 Juli 2017(Online) anda hanya dapat melakukan pendaftaran motor saja tanpa difasilitasi untuk pembelian tiket kereta api seperti pendaftaran tahap 1.

 

 

,

1 thought on “Kuota Mudik Motor Gratis Kemenhub Masih Tersisa 30%, Apakah Anda Sudah Ambil Bagian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *