Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api

MudikGratis.com –  So, tiket kereta api lebaran sudah berhasil diperoleh, tetapi karena satu dan lain hal anda harus merubah jadwal tiket kereta api. Lalu bagaimanakan prosedur perubahan jadwal kereta api yang benar? Apakah ada biaya tambahan?. Nah, berikut ini adalah cara merubah jadwal tiket kereta api.

Ketentuan Umum Perubahan Jadwal Kereta Api

Ketentuan umum perubahan jadwal kereta api ini perlu anda fahami agar anda tidak mengalami kendala ketika akan merubah jadwal kereta api.

Ketentuan Umum Perubahan jadwal

  1. Perubahan jadwal dapat dilakukan untuk merubah jadwal keberangkatan dengan kereta api yang sama pada waktu yang berbeda atau merubah jadwal dengan kereta api yang berbeda.
  2. Perubahan jadwal dilayani di loket seluruh stasiun online.
  3. Perubahan jadwal dapat dilakukan sepanjang tempat duduk kereta api pengganti masih tersedia.
  4. Dilakukan selambat-lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum pada tiket yang telah dibeli.
  5. Dikenakan bea administrasi sebesar 25% dari harga tiket lama diluar bea pesan.
  6. Jika dilakukan terhadap kereta api dengan tingkat tarif lebih tinggi maka penumpang membayar selisih tarif. Jika dilakukan terhadap Kereta Api dengan tingkat tarif lebih rendah maka tidak ada pengembalian bea atas selisih tarif.
  7. Khusus tiket dengan tarif promosi (kode subclass x,y,z) tidak dapat dilakukan perubahan jadwal.
  8. Perhitungan biaya pembatalan, perubahan jadwal dilakukan pembulatan keatas pada kelipatan Rp 1.000,- .

Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api

Setelah mengetahui ketentuan umum untuk merubah jadwal tiket kereta api, saatnya kini bagi anda datang langsung ke stasiun kereta api online yang terdekat untuk mengurus perubahan jadwal tiket kereta.

Dengan diberlakukanya sistem check-in dan boarding pass dibeberapa stasiun besar maka calon penumpang tidak lagi mendapatkan tiket kereta api seperti pada umumnya. Melainkan hanya mendapatkan bukti pembayaran sah yang nanti dipergunakan untuk melakukan check-in dan boarding pass pada hari keberangkatan.

Baca : Cara Check In dan Boarding Pass di Stasiun Kereta

Jadi jika anda memesan tiket kereta api melalui chanel eksternal dan belum mencetak tiket kereta api, anda dapat membawa bukti booking dan bukti pembayaran yang sah disertai kartu identitas penumpang yang asli untuk dibawa keloket perubahan tiket.

Kalau anda masih belum merasa yakin, anda bisa mencetak tiket kereta melalui mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang disediakan terlebih dahulu, karena kalau minta cetak melalui loket kemungkinan besar akan ditolak seperti yang saya alami beberapa waktu lalu di Stasiun Jakarta Kota.

Bukti pembayaran yang sah, atau tiket yang akan dirubah jadwalnya dilengkapi dengan Kartu Identitas asli penumpang serta Formulir Pemesanan tiket yang telah diisi sesuai dengan jadwal yang diinginkan bisa langsung anda bawa keloket perubahan tiket, atau jika tidak tersedia loket khusus bisa menuju loket reservasi.

Jika jadwal yang anda inginkan masih tersedia, maka proses perubahan jadwal akan dilakukan oleh petugas.

Ada biaya yang harus anda keluarkan untuk merubah jadwal ini, yakni 25% dari harga tiket lama diluar bea pesan.

Jika tiket yang baru lebih mahal daripada tiket yang lama, anda harus bayar selisihnya, sedang jika tiket baru lebih murah dari tiket lama, maka untuk selisihnya dianggap hangus dan tidak dikembalikan.

Oh ya, yang bisa dirubah hanya tanggal keberangkatan dan nama kereta dengan asumsi untuk jadwal yang diinginkan masih tersedia bangkunya. Untuk nama penumpang tidak bisa dirubah.

Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Melalui Chanel Eksternal

Merubah jadwal kereta api melalui chanel eksternal tidak bisa anda lakukan, sesuai dengan ketentuan umum perubahan jadwal tiket PT.KAI maka perubahan jadwal hanya bisa dilakukan di stasiuan kereta api online.

Hal ini sempat saya tanyakan kepada salah satu chanel eksternal penjualan tiket kereta api online, traveloka beberapa saat yang lalu.

Ada kesulitan dalam merubah jadwal tiket kereta api?

Mungkin anda sudah beberapa kali browsing untuk mencari informasi bagaimana Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api.

Lalu anda menemukan beberapa blog yang memberikan informasi yang berbeda. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan peraturan yang berlaku seperti Check-In dan Boarding Pass yang masih banyak orang yang tau dan faham.

Oleh sebab itu jika anda memiliki kesulitan atau keraguan dalam merubah jadwal tiket kereta sebaiknya anda menghubungi call center 24 jam PT.KAI 121 atau (021)-121 untuk mendapatkan informasi yang lebih valid bagaimana cara merubah jadwal tiket kereta api.

 

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *