19 Tips Mudik Mobil Pribadi Aman dan Nyaman

Saya masih agak trauma dengan pengalaman mudik menggunakan mobil pribadi pada tahun lalu yang terjebak bersama ratusan ribu pemudik lainya di brexit. Yang paling horor dan membuat ketar-ketir adalah menipisnya makanan dan minuman sementara tidak ada yg berjualan makanan disitu. Sementara kita tidak atu kapan kemacetan terparah sepanjang mudik itu akan terurai. Tips mudik yang sempat saya baca beberapa waktu sebelum mudik saya abaikan begitu saja.

Agar perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi anda lebih aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kondisi kendaraan yang prima, perlengkapan kendaraan yang tersedia dan dalam kondisi baik, surat-surat kendaraan, bekal makanan dan minuman, bekal uang tunai yang cukup adalah hal penting yang harus benar-benar anda perhatikan.

 

19 Tips Mudik Mobil Pribadi

  1. Hal pertama yang perlu dipersiapkan yaitu cek kondisi tekanan angin ban, kemudian air radiator, wiper, dan air aki. Setelah itu, periksa juga sistem kelistrikan pastikan dalam kondisi baik. Jangan lupa periksa juga oli mesin, power steering, dan minyak rem, serta karet-karet mobil hingga fan belt.
  2. Untuk selalu waspada persiapkan juga ban serep, dongkrak beserta pemutarnya, berbagai kunci, obeng (plus dan minus), kunci busi, kunci inggris, segitiga pengaman, senter, dan peta perjalan. Selain itu, Anda juga jangan melupakan surat kelengkapan seperti SIM dan STNK.
  3. Pastikan kondisi pengemudi tetap prima. Jika mengantuk, jangan sekali-kali mencoba mengemudi, dan sebaliknya saat mengemudi jangan sampai mengantuk.
  4. Saat melakukan perjalanan, gunakan sabuk pengaman. Selain itu, untuk wanita hamil terutama menginjak tujuh bulan disarankan jangan menjadi pengemudi. Hal itu dikarenakan kondisi perut yang sudah membesar, sehingga dapat membuat ibu hamil kurang gesit saat melakukan manuver, serta kurang aman dan nyaman menginjak pedal rem dan gas.
  5. Jarak aman bukan dipatok dari hitungan meter, tetap bisa dipertimbangkan selisih waktu tiga detik karena waktu tersebut merupakan selang antara respon pengemudi dengan respon mesin mobil saat melakukan pengereman. Penting diingat, respon manusia lebih lambat dibandingkan reaksi mekanik pengereman.
  6. Jangan paksakan menyetir saat mata terasa lelah.
  7. Bila merasa capai, cari tempat untuk memarkir kendaraan dan istirahatlah.
  8. Usahakan tidur minimal 15 menit.
  9. Iringi selama perjalanan dengan musik.
  10. Banyak minum air putih dan usahakan jangan merokok.
  11. Pastikan surat-surat kendaraan anda sudah lengkap
  12. Patuhi selalu rambu-rambu lalu-lintas
  13. Bawa selalu Peta Mudik baik yang berupa buku atau alat GPS lainya
  14. Hindari membawa penumpang dan barang bawaan yang melebihi kapasitas kendaraan.
  15. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Pastikan membeli makanan dan minuman pada agen/toko resmi, untuk menghindari penggunaan bahan yang berbahaya bagi kesehatan.
  16. Agar tetap fit dalam perjalanan, konsumsi buah-buahan segar seperti: jeruk, pisang, mangga, belimbing dan apel.
  17. Jangan lupa menyiapkan Uang Tunai dan Uang Recehan yang cukup untuk keperluan sepanjang perjalanan.
  18. Utamakan keselamatan dan kenyamanan perjalanan Mudik
  19. Berdoa

Silahkan share, semoga bermanfaat

, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *