11 Tips Menyewa Mobil di Rental Car Yang Harus Diketahui

Menyewa mobil untuk keperluan mudik lebaran kekampung halaman bisa menjadi salah satu solusi yang ditempuh calon pemudik. Fleksibilitas adalah faktor utama mengapa orang lebih suka menyewa mobil untuk pulang kampung. Selain itu ada juga faktor gengsi dan beberapa alasan lain. Tapi taukah anda, jika tanpa perhitungan yang matang sewa mobil malah menjadi masalah besar disaat hari raya Idulfitri. Kerusakan mobil yang menunda waktu perjalanan, biaya sewa yang membengkak dan hal lain yang bikin pusing kepala. Nah dibawah ini adalah 7 Tips Menyewa Mobil di Rental Car Yang Harus Diketahui.

11 Tips Menyewa Mobil di Rental Car Yang Harus Diketahui

Sebelum memutuskan untuk mendatangi rental car, memilih mobil yang akan disewa dan melakukan pembayaran, beberapa hal dibawah ini wajib anda lakukan agar anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

1. Ketahui Kebutuhan Anda
Hal pertama yang wajib anda ketahui adalah tujuan Anda menyewa mobil untuk keperluan apa? Siapa saja yang akan ikut? Kemana Anda akan menggunakan mobil tersebut? Berapa lama waktu yang diperlukan? Hal-hal semacam ini harus Anda pastikan terlebih dahulu agar nanti ketika Anda berada di Rent Car, Anda sudah memiliki gambaran ingin menyewa mobil yang seperti apa.

2.Kenali Rental Car Anda
Hal kedua yang wajib anda lakukan adalah memastikan rental car yang anda datangi memiliki track record yang baik. Anda dapat bertanya kepada teman yang pernah memakai jasa rental ini sebelumnya, atau anda dapat mencari informasi melalui Internet dan sebagainya.

Rental Car yang baik dan terpercaya tentu saja memiliki manajemen dan armada kendaraan yang baik. Bisa jadi anda akan membayar sedikit lebih mahal untuk menyewa kendaraan di rental car yang telah berpengalaman dan baik jika dibandingkan dengan menyewa dari rental car yang belum profesional.

Tapi harga yang anda keluarkan tentu akan sebanding dengan manfaat dan pelayanan yang diberikan.


3. Pilih Mobil Yang Sesuai

Setelah mengetahui kebutuhan Anda dan tau betul mana rental car yang baik dan bisa anda andalkan, langkah selanjutnya adalah memilih mobil yang cocok untuk kebutuhan Anda tersebut. Baik kapasitasnya, maupun spesifikasi performanya.

Misalnya Anda menyewa mobil untuk kebutuhan di daerah perkotaan, Anda bisa menyewa mobil dengan tenaga 1000cc, misalnya mobil Xenia, Avanza , APV atau Grand Livina .

Kalau nanti perjalanan Anda melewati pegunungan atau jalan menanjak, Anda bisa menyewa mobil dengan tenaga 1500cc seperti Grand Innova. Sehingga nanti perjalanan Anda akan nyaman dan aman.

4. Tanyakan Tarif Sewa

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih mobil yang akan Anda sewa, sebaiknya Anda konsultasikan masalah tarif sewa mobil tersebut. Berapa biaya sewanya, apakah tarif sewa sebesar itu sudah termasuk hal-hal lain seperti ongkos bahan bakar dll. Tanyakan dengan jelas agar tidak ada miss disaat melakukan pembayaran.

5. Tanyakan Syarat & Ketentuan
Setiap jasa rental mobil memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu tanyakan sedetail mungkin untuk masalah syarat ini. Agar disaat Anda menggunakannya tidak ada masalah dalam proses administrasi.

6. Tanyakan Kondisi Mobil
Sebelum Anda membawanya, tanyakan kondisi mobil tersebut, kapan terakhir dilakukan perawatan dan cek ulang kondisi saat di tempat rental tersebut, sehingga ini akan mengurangi resiko buruk yang terjadi.

7. Lepas Kunci Atau Tidak
Apakah mobil yang disewakan tersebut termasuk dengan sopirnya atau lepas kunci? Jika dengan sopirnya, bagaiaman untuk uang makan dan keperluan lainya? apakah sudah termasuk dalam biaya sewa atau ada biaya tambahan lagi?

8.Full BBM atau Isi Sendiri
Apakah mobil yang disewakan sudah terisi dengan bahan bakar minyak? Ataukah BBM harus isi sendiri?Berdasarkan pengalaman, akan lebih hemat bila menyewa mobil tanpa BBM (bahan bakar minyak) karena Anda bisa mengisinya sendiri sesuai kebutuhan.

Mobil jenis budget MPV (Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki APV) biasanya mengkonsumsi 1 liter premium untuk jarak tempuh 10 km

9. Layanan Tambahan
Tanyakan kepada jasa rental mobil, apakah ada layanan tambahan yang diberikan. Misalnya layanan asuransi atau yang lainnya.

10. Biaya Tambahan
Adakah biaya tambahan yang harus dikeluarkan seperti biaya overtime, dan hal lain yang mengharuskan anda merogoh kocek, tanyakan dan mint penjelasan secara detail agar anda benar-benar faham dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

11. Jangan Pesan Mendadak
Jangan melakukan pemesanan mobil secara mendadak karena anda tidak akan punya cukup waktu untuk mengetahui kondisi mobil yang disewakan, memahami syarat dan ketentuan yang berlaku dan yang paling penting, anda tidak akan pernah tau ketersediaan mobil yang disewakan.

Demikian 11 Tips Menyewa Mobil di Rental Car Yang Harus Diketahui yang dapat saya bagikan.

Anda boleh membagi artikel ini agar sahabat dan keluarga anda bisa tau apa yang harus dilakukan sebelum menyewa mobil di rental car

Info Mudik Lainya

2 thoughts on “11 Tips Menyewa Mobil di Rental Car Yang Harus Diketahui

  1. Satu action yg bagus sekali. Bahkan bernilai ibadah …apalagi d bulan suci yg penuh dg limpahan pahala dlm melakukan kebaikan. Semoga penggagas ide tsb di beri kemudahan dlm sgl hal dlm kehidupannya, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *