Rekayasa Jalur Nagreg Saat Lebaran Nanti Yang Perlu Anda Ketahui

Pada Jumat lalu, Polres Bandung beserta Polres Garut & Polres Sumedang menggelar geladi resik sistem satu arah (one way) di jalur Nagreg. Kegiatan simulasi ini untuk persiapaan menjelang arus pulang kampung Lebaran 2017. Simulasi dilakukan di jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tepatnya, mulai pos polisi Cikaledong Nagreg. Menuju arah barat atau menuju arah Tasikmalaya & Garut pada pertigaan Nagreg tepatnya pada pertigaan lingkar Nagreg.

Kegiatan simulasi dilakukan dengan cara menutup jalur dari arah barat menuju arah timur. Penutupan jalan dicoba selama 30 mnt & jalur dapat dilewati satu arah secara bergantian menuju arah Garut. Uji sistem satu arah itu jua dilakukan dengan menutup jalan  arah timur menuju barat atau mulai di tempat Limbangan, Garut Hingga ke Cikaledong.

Pengamanan arus pulang kampung ata arus mudik di jalur Nagreg akan dimulai Senin, 19 Juni 2017 atau H-8 Lebaran. Selama penetapan rekayasa arus lintas satu arah, pengemudi diimbau agar mematikan mesin kendaraan. Untuk selanjutnya, personel kepolisian berdasarkan ketiga Polres akan menempati pos masing-masing di jalur pulang kampung & jalur kembali selatan tadi. Untuk kegiatan buka tutup tadi bersifat tentatif, terutama waktu terjadi stagnasi atau kemacetan panjang.

 

Rawan Macet pada Jalur Nagreg
Pihak Polres Bandung memperkirakan, titik rawan stagnasi akan terjadi di Nagreg. Di tempat tadi terjadi penyempitan jalur. Sementara bagi kenyamanan para pengendara, jalur Cijapati-Garut pun akan digunakan sebagai jalur alternatif. Di sepanjang jalur tadi pun misalnya biasa akan terdapat rest area buat lokasi istirahat pemudik.

Rest area pun akan disediakan di jalur Cukang Monteng (Kamojang Hill Bridge) yg menjadi penghubung Kab. Bandung dan Kab. Garut lewat Ibun (Majalaya) – Kamojang. Koordinasi pun telah dilakukan dengan pihak pengelola Tol Cileunyi. Bila terjadi penumpukan tunggangan menggunakan toleransi 5 km, akan terdapat pembukaan pada KM 151.

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *