Biar Gak Tekor Saat Lebaran, 15+ Program Mudik Gratis Ini Bisa Anda Pilih

MUDIK-GRATIS

MUDIK-GRATIS

Program mudik gratis menjadi salah satu solusi yang sangat ditunggu oleh calon pemudik yang akan berlebaran dikampung halaman.

Beberapa tahun terakhir, makin banyak pihak yang mengadakan program mudik gratis.

Program mudik yang pernah diselenggarakan antara lain: mudik gratis Indomaret, mudik gratis Telkomsel.

Begitupun dengan Sido Muncul dan Yamaha yang tidak ketinggalan menyediakan angkutan mudik gratis lebaran.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan Mudik gratis Jasa Raharja  maupun mudik gratis kemenhub yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Pengertian mudik bagi sebagian besar masyarakat kita adalah momen istimewa untuk bersilturahim merayakan Idul fitri bersama.

Dari beberapa penyelenggara mudik gratis lebaran 2016, setidaknya ada 15 Program Mudik Gratis yang sukses diselenggarakan.

Harapanya semoga pada masa lebaran 2017 nanti, program mudik gratis tersebut masih terselenggara dan anda punya banyak waktu untuk memilih dan mempersiapkanya.

Ini dia 15 Program mudik gratis yang dapat anda pilih.

 

1.Mudik Gratis Jasa Raharja

Mudik Gratis Jasa Raharja

Mudik Gratis Jasa Raharja adalah program mudik gratis Aman, Nyaman dan Hemat yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Mudik gratis ini disediakan untuk para pemudik khususnya yang mempunyai motor, tujuan utamanya mengurangi kepadatan arus mudik dijalan raya yang biasanya penuh dengan sepeda motor pemudik.

Program ini serupa dengan program mudik gratis kemenhub.

Program mudik gratis ini dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan berencana akan mudik gratis menuju kampung halaman di beberapa kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera.

Untuk program mudik gratis Jasa Raharja 2016 yang lalu, para pemudik diberangkatkan menggunakan armada Bus dari Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta.

Pada tahun 2016, jumlah total pemudik naik bus gratis Jasa Raharja mencapai 34.500 orang, sebelumnya tahun 2015 ada 30.500 pemudik yang memanfaatkan mudik gratis aman, nyaman dan hemat BUMN 2016 ini.

Sedangkan yang menggunakan moda kereta api berangkat dari Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

Layanan mudik gratis kereta api itu sudah termasuk arus balik. Untuk musim mudik Lebaran 2015 ada 2.000-an orang, sedangkan mudik Lebaran 2016 sebanyak 4.000 orang.

Lalu bagaimana untuk program mudik gratis jasaraharja 2017? Nantikan informasi dari kami yaa…

2.Mudik Gratis Kemenhub

mudik gratis kemenhub

Mudik gratis Kemenhub adalah program dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan ( dulunya disebut Departemen Perhubungan ) untuk mengendalikan penggunaan kendaraan pada periode angkutan arus mudik lebaran guna menjamin kelancaran arus lalu lintas.

Mudik Gratis Dephub ini merupakan implementasi dari Instruksi Presiden No.3 Tahun 2004 Tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu.

Seperti Mudik Gratis Jasa Raharja, program ini merupakan sarana mudik gratis sepeda motor bagi masyarakat umum dengan moda angkutan jalan raya transportasi yang lebih aman.

Anda akan dibawa ke kampung halaman menggunakan bus lebaran yang nyaman secara gratis.

Jika memilih menggunakan kereta api, anda akan difasilitasi untuk pembelian tiket kereta api lebaran.

Sedangkan sepeda motor anda akan diangkut menggunakan truk dan Kereta Api secara gratis.

Cara daftar Mudik Gratis Kemenhub dapat dilakukan secara online dan offline yang terbagi dalam dua tahap.

Untuk pendaftaran tahap I, calon pemudik mendapat fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang (2 Dewasa + 1 Anak);

Sedangkan pada tahap II hanya untuk pendaftaran motor saja.

Pada masa Angkutan Lebaran 2016, Kementerian Perhubungan menyediakan kuota sebanyak 12.000 sepeda motor dan 24.000 penumpang dengan total anggaran Rp 20 milyar.

Kuota tersebut dibagi untuk arus mudik sebanyak 8.400 sepeda motor dengan 16.800 penumpang dan untuk arus balik sebanyak 3.600 sepeda motor dengan 7.200 penumpang .

3. Mudik Gratis Telkomsel Poin

mudik telkomsel point

Program mudik gratis 2016 dari telkomsel ini bernama Mudik Telkomsel Siaga 2016 berlaku bagi semua pelanggan Telkomsel (KartuHalo, simPATI,Kartu AS dan LOOP).

Anda bisa memilih moda transportasi Bus, Pesawat maupun kapal laut.

Untuk mengikuti program Mudik Telkomsel Siaga 2016, anda dapat menukarkan poin melalui SMS dengan mengetetik <KEYWORD> kirim ke 777 (terpotong 20 Poin atau 200 Poin).

  • Contoh: ketik PESAWAT kirim ke 777 (maka pelanggan akan terpotong 20 poin)

4. Mudik Gratis NU

mudik gratis nu
Mudik gratis PBNU 2016 diselenggarakan atas kerja sama LTMNU dengan Bank Mandiri, Pegadaian Syariah, dan beberapa donatur tak terikat. Bus Mudik Bareng NU akan melewati jalur utara (pantura) dan jalur selatan Jawa Tengah. Kota-kota yang akan dilewati di jalur utara Jawa Tengah adalah Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Jepara, dan Rembang.

Sedangkan jalur selatan Jawa Tengah meliputi Purwokerto, Kebumen, Purworejo, Banjarnegara, Purbalingga dan Wonosobo. Untuk wilayah jalur selatan meliputi Garut, Tasikmalaya, dan Banjar.  Bus Mudik Bareng NU ke Jawa Timur meliputi tujuan Pacitan, Malang, Mojokerto, Lamongan, Surabaya, Situbondo, Jember, Banyuwangi, dan Bangkalan Madura.

Mudik Bareng NU 2016 menjaring 2500 pemudik. Pendaftaran peserta mudik dibuka pada tanggal 18 Juni 2016 dengan persyaratan menyerahkan foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Persyaratan lainnya pada saat penukaran formulir calon peserta menyerahkan infak minimal 10 ribu rupiah dan sedekah sesuai kemampuan peserta. Infak dan sedekah tersebut diserahkan melalui LAZISNU sebagai pembelajaran kepada pemudik agar gemar berinfak dan bersadaqah. Calon peserta Mudik Bareng NU bisa mendaftarkan diri di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta.

5. Mudik Gratis Indomart

Mudik bareng Indomart 2016 menyediakan 5.015 tiket bus, 600 tiket kereta api lebaran dan 200 tiket pesawat citilink  yang dapat diperoleh oleh pelanggan Indomart di Jabodetabek.

Sementara untuk wilayah Surabaya, Malang, bandar Lampung, Bali disediakan tiket Bus.

Untuk wilayah Makassar, Pontianak, dan Balikpapan disediakan tiket kapal laut.

6. Mudik Gratis Alfamart

Mudik Asyik Alfamart 2016 menyediakan tiket kereta api lebaran, bus dan pesawat dari Jakarta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Info : http://mudik.alfamartku.com/

7. Mudik Gratis Carrefour

Pada program Mudik Gratis 2016 bersama Transmart Carrefour dan Carrefour, pihak penyelenggara menyediakan moda transportasi  mobil Alphard, Innova, dan Pesawat yang dapat dipergunakan untuk mudik lebaran.

Dalam program ini anda hanya perlu mengumpulkan cap dan menukarkanya dengan tiket.

Info : http://carrefour.co.id/shop/mudik_gratis/

mudik gratis carrefour

 

8. Mudik Gratis Yamaha

mudik gratis yamaha 2016

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2016 lalu Yamaha Jawa Timur mengadakan program mudik gratis sekaligus balik.

Artinya anda tidak saja mendapat tiket gratis untuk perjalanan arus mudik tapi juga mendapat tiket bus gratis arus balik.

Untuk tahun lalu, kegiatan Mudik dan Balik gratis bareng Yamaha telah di siapkan 50 bus untuk mengantar para pemudik ke kampung halaman masing-masing.

Program tahunan kerja sama Yamaha dan radar surabaya ini sudah di gelar untuk ke delapan kalinya. Dan kedepan nya akan terus konsisten untuk di selenggarakan.

9.Mudik Bareng Honda

Untuk dapat mengikuti mudik bareng honda 2016, persyaratan yang wajib dimemiliki calon pemudik adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, Surat Izin Mengemudi (SIM) C, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor Honda.

Untuk mengikuti program MBBH ini, calon pemudik cukup membayar Rp150 ribu dengan mendaftarkan diri ke jaringan main dealer dan dealer Honda di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Calon pemudik secara otomatis akan medapatkan dua kursi bus, asuransi perjalanan, layanan kesehatan, goodie bag yang berisikan buku panduan keselamatan berkendara, jaket, kaos, konsumsi selama perjalanan dan beragam hadiah.

Adapun 7 lokasi pendaftaran MBBH yaitu PT Wahana Makmur Sejati – Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Astra Motor Jakarta – Dewi Sartika, Jakarta Timur, serta dapat menghubungi dealer Honda yaitu Tunas Dwipa Matra – Tebet, Jakarta Selatan, Nusantara Surya Sakti – Slipi, Jakarta Barat, CV Bintang Jaya – Klender, Jakarta Timur, CV Mitra Jaya – Kranji, Bekasi, CV Maju Gemilang Makmur – Pasar Kemis, Tangerang.

“Layanan MBBH secara konsisten kami gulirkan lebih dari satu dekade sebagai wujud kepedulian AHM terhadap tingginya minat dan kebutuhan masyarakat untuk pulang kampung merayakan Lebaran bersama keluarga,” kata Istiyani.

10. Mudik Gratis Sido Muncul

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2016 lalu PT Sido Muncul Tbk (SIDO) kembali menyelenggarakan Mudik Gratis yang ke-27 kali bagi pedagang jamu se-Jabodetabek.

Mudik , Sido Muncul memberangkatkan 16.000 pemudik dengan menggunakan 270 bus ke tujuh kota tujuan yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, dan Jogjakarta.nnDirektur Utama Sido Muncul, Sofyan Hidayat mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang mempelopori Mudik Gratis sejak tahun 1991

11. Mudik Gratis Bank BRI

Pada masa lebaran Tahun 2016 lalu, Bank BRI kembali menggelar acara mudik gratis bagi nasabah dan mitra kerjanya pada minggu terakhir di bulan Ramadhan 1437 H atau 2016 M.

Pada program mudik gratis  Bank BRI 2016 lalu disediakan moda transportasi berupa, bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang, untuk mengangkut 6.645 pemudik.

Sedangkan para pemudik yang menjadi peserta mudik bareng BRI tersebut terdiri atas nasabah BRI, baik simpanan maupun pinjaman. Termasuk di antaranya debitur KUR (Kredit Usaha Rakyat), debitur KUR TKI, dan pekerja dasar dari rekanan kerja BRI.

Tujuan mudiknya juga beragam. Tercatat ada sekitar lima kota di Pulau Jawa yang menjadi tujuan utama yaitu Pati, Wonogiri, Yogyakarta, Surabaya, dan Blitar.

Sedangkan untuk luar Pulau Jawa, ada Batam dan Makassar yang menjadi kota tujuan utama pemudik.

12. Mudik Gratis BNI

Anda tinggal menunjukkan buku BNI Taplus atau BNI Taplus Bisnis, KTP dan Kartu Keluarga (asli & fotokopi) serta bukti transaksi e-banking.

Syarat Peserta :

– Sudah menjadi nasabah BNI.

– Bersedia diblokir sejumlah saldo sesuai moda transportasi yang di pilih.

– Nasabah yang memenuhi syarat akan mendapat maksimal 4 tiket untuk bus atau 2 tiket untuk kereta api.

– Diperbolehkan pembukaan salah satu produk rekening BNI (Taplus, Taplus Muda, Taplus Anak dan Tapenas) dengan maksimal tambahan hanya 1 tiket.

– Penetapan peserta Rejeki BNI Mudik 2016 sepenuhnya menjadi hak BNI dan tidak dapat diganggu gugat.

Segera kunjungi Kantor Cabang BNI terdekat untuk mudik bersama keluarga dengan Rejeki BNI Mudik 2016.

Infor lebih lanjut hubungi BNI Call 1500046

13. Mudik Gratis Kereta Api Jawa Timur

Program Mudik Gratis Kereta Api Lebaran ini merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dengan PT KAI.

Tahun 2016 lalu disediakan 113.000 an kursi/tiket kereta api yang bisa anda nikmati untuk mudik ke kampung halaman di beberapa kota di Jawa Timur.

Mudik gratis pemprov jatim 2016 melibat kan kereta api Rapih Dhoho, KA Penataran, KA KRD Kertosono, KRD Bojonegoro, Arjuno Ekspres dan KA Probowangi.

Jadi anda bisa mudik dari Surabaya dengan tujuan Madiun, Surabaya Mojokerto Jombang Kertosono Nganjuk Caruban. Bisa Mudik dari Surabaya ke Lamongan, Babat, Sumberjo, Kapas, Bojonegoro.

Bisa Mudik dari Surabaya Jombang Kediri Tulungagung Ngunut Blitar.

Surabaya Bangil Lawang Singosari Blimbing Malang Kepanjen Sumberpucung Blitar.

Surabaya Bangil Pasuruan Probolinggo Klakah Jatiroto Tanggul Jember Kalisat Kalisetail Sumberwadung Banyuwangi.

Syarat Mudik Gratis Pemprov Jatim dengan kereta api Cukup Foto Kopi KTP atau Kartu Keluarga pilih salah satu saja jika anda punya bayi/infant jika ditanyakan identitasnya.

Kemudian anda harus memesan tiket kereta api dengan formulir pemesanan warna biru di loket stasiun terdekat sesuai rute kereta api yang akan dinaiki.

Misal ingin memesan KRD Bojonegoro bisa dipesan di Stasiun Pasar Turi, Gubeng, Waru, Lamongan dan sebagainya.

14.Mudik Gratis Pemkab Karang Anyar

Beberapa Pemerintah Kabupaten juga sudah mulai banyak yang mengadakan program mudik gratis bagi warganya yang ingin merayakan hari lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Mudik Gratis Pemkab Karang Anyar misalnya, dalam program ini menyediakan 18 Bus Lebaran Gratis untuk mengangkut calon pemudik selama arus mudik lebaran 2016.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi mengatakan, program mudik gratis sudah berlangsung sejak 2014.
“Tahun ini, ada 18 bus yang disiapkan untuk mengangkut pemudik ke Karanganyar,” kata Samsi, Senin (06/06) di kantornya.

Bagi anda yang ingin  mudik gratis, pendaftaran sama dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Yakni melalui Paguyuban Warga Karanganyar (Pagaranyar) yang ada di Jakarta.

15. Mudik Gratis Pemkab Banyuwangi

Mudik Gratis Pemkab Banyuwangi Tahun 2016 lalu menyediakan moda transportasi mudik berupa bus, kapal laut, kereta api, dan truk pengangkut sepeda motor.

Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Banyuwangi Suprayogi, kuota penumpang 15.815 akan dibagi menjadi 9.885 penumpang untuk arus mudik dan 5.930 untuk arus balik. Sementara itu untuk kuota 160 sepeda motor akan dibagi menjadi 80 untuk arus mudik dan 80 untuk arus balik.

Mudik  dan gratis pada tahun ini akan melayani rute Surabaya – Banyuwangi PP, Malang – Banyuwangi PP, Denpasar – Banyuwangi PP dan Banyuwangi – Sapeken PP. Jadwal mudik gratis ini akan dimulai H-3 Idul Fitri 1437 H, sementara balik gratis akan dilaksanakan secara serentak H+4.

Untuk mudik gratis dengan transportasi darat, kata Suprayogi, pemkab bekerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Timur menyediakan 29 armada bus dan dua kereta api (KA), kelas ekonomi.

Para pemudik yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa langsung mendaftar di Dinas DLLAJ Provinsi Jatim.

Sementara yang berminat untuk mendaftar program balik gratis, bisa langsung mendaftar di Kantor Dishubkominfo Jl. Agus Salim Banyuwangi.

Bagi para pemudik yang ingin memanfaatkan layanan ini, pendaftaran dilakukan dengan menyertakan foto copy identitas diri KTP, SIM dan KK.

Sementara itu, terkait persyaratan pendaftaran meliputi sepeda motor harus dalam keadaan orisinil dan laik jalan, STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup atau dilunasi,

Pemkab lain yang mengadakan program mudik gratis tahun 2016 lalu adalah Pemkab Tabanan Bali, Pemkab Bogor, Pemkab Banjarnegara, Pemkab Batang, Pemkab Kendal, Pemkab Banjar, Pemkab Bojonegoro.

Dari ke-15 program mudik gratis diatas, mana yang menjadi favorit anda?

Baca juga :

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *