Peminat Mudik Motor Gratis Membludak, Apakah Anda Sudah Terdaftar?

MudikGratis.com –  Peminat mudik motor gratis membludak padahal lebaran masih kurang dari 3 bulan lagi.  Hal ini ini dapat dilihat dari besarnya animo masyarakat yang ikut mendaftar program mudik motor gratis dari Kemenhub . Sampai dengan Rabu(8/3/2017) jumlah warga yang ingin membawa pulang sepeda motornya ke kampung halaman dengan kereta api mencapai 8.307 orang.

Program mudik motor gratis ini akan diselenggarakan mulai tanggal 18 sampai dengan 23 Juni 2017 untuk arus mudik. Sedangkan arus balik akan diselenggarakan mulai tanggal 29,30 Juni 2017 dan tanggal 1 sampai dengan 5 Juli 2017 untuk arus balik.

Animo warga untuk bermudik di kampung halaman memanfaatkan  program mudik motor gratis ini dapat difahami karena selain sepeda motor diangkut menggunakan kereta api secara gratis, calon pemudik juga difasilitasi untuk membeli Tiket KA Ekonomi PSO (Public Servise Obligation) dan KA Ekonomi Non-PSO) lebaran pulang pergi.

Selain itu untuk tahun ini juga terjadi penambahan kapasitas menjadi 18.096 dan penambahan jalur lintasan sehingga makin besar wilayah yang bisa tercover.

Lintasan yang dicover program mudik motor gartis ini terbagi dalam tiga bagian, lintas utara, lintas selatan 1 dan lintas selatan 2.

Lintas Utara, meliputi :

Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang – Stasiun Cirebon Prujakan – Stasiun Tegal – Stasiun Pekalongan – Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Ngrombo – Stasiun Cepu – Stasiun Bojonegoro – Stasiun Babat – Stasiun Surabaya Pasar Turi. (Stamformasi Lok CC + 8 Bagasi)

Kapasitas angkut : 464 motor per hari.

Lintas Selatan I, meliputi :

Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang – Stasiun Cikampek – Stasiun Purwakarta – Stasiun Cimahi – Stasiun Kiaracondong – Stasiun Cicalengka – Stasiun Leles – Stasiun Cipeundeuy – Stasiun Tasikmalaya – Stasiun Banjar – Stasiun Maos – Stasiun Kroya – Stasiun Gombong – Stasiun Kebumen – Stasiun Kutoarjo. (Stamformasi Lok CC + 8 Bagasi)

Kapasitas angkut : 464 motor per hari.

Lintas Selatan II, meliputi :

Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang – Stasiun Cirebon Prujakan – Stasiun Purwokerto – Stasiun Kroya – Stasiun Kutoarjo – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Klaten – Stasiun Purwosari – Stasiun Madiun – Stasiun Kertosono – Stasiun Kediri – Stasiun Tulungagung – Stasiun Blitar. (Stamformasi Lok CC + 8 Bagasi)

 

Animo Masyarakat Membludak

Seperti yang dilansir TribunNews,  Koordinator posko motor gratis di Stasiun Pasar Senen, M. Ridho Gustira menyatkan jika pada tahun ini  jumlah calon pemudik yang terverifikasi dalam pendaftaran  sudah sebanyak  8.307 motor. Padahal pendaftaran sendiri baru dibuka pada 15 Februari 2017 yang lalu.

Ini artinya terjadi peningkatan jika dibandingkan tahun lalu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pendaftar terverifikasi selama 3 pekan pendaftaran baru sekitar 5000 motor, sedangkan untuk tahun ini sudah mencapai 8.307.

Tak hanya di Stasiun Pasar Senen, di Stasiun Jatinegara juga mengalami peningkatan pendaftar mudik motor gratis tahun 2017 ini.

Peningkatan ini juga didasari karena diperluasnya posko dan adanya penambahan kuota serta penambahan lintasan, sehingga sekarang, jangkauan lebih luas.

Jika tahun lalu posko pelayanan mudik motor gratis hanya ada dua di stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta (gudang).
Pada tahun ini terdapat 10 posko yang tersebar di beberapa stasiun

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *