Mudik Motor Gratis 2017 Siap Tampung 18 Ribu Pendaftar, Ini Tata Caranya

MudikGratis.com – Mudik motor gratis (motis) 2017 yang diselenggarkan oleh  Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan 18.096 pendaftar yang akan mudik gratis.

Alokasi peserta motis 2017 ini mengalami kenaikan 14 persen dibandingkan tahun lalu yang mengalokasikan sebanyak 15.834 pendaftar.

Melalui program ini anda akan difasilitasi untuk membeli tiket kereta api lebaran pulang-balik jika mendaftar pada tanggal 16 Februari hingga 16 April 2017 selama alokasi tiket dari PT.KAI masih tersedia. Sedangkan motor anda akan diangkut secara gratis.

Jika anda mendaftar pada tanggal 17 April s.d. 4 Juli 2017(Online) maka anda hanya dapat mendaftarkan motor untuk diangkut gratis saja tanpa ada fasilitas untuk pembelian tiket kereta api.

Cara Daftar Mudik Motor Gratis 2017

Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2017i, dilaksanakan dengan 2 tahap :

  1. Pendaftaran Motor (bukan penumpang) secara online mulai tanggal 15 Februari 2017 s.d 14 Juni 2017
  2. Tahap I akan dimulai pada tanggal 16 Februari s.d. 16 April 2017 dengan mekanisme pendaftaran motor dengan fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang (2 Dewasa + 1 Anak);
  3. Tahap II akan dimulai pada tanggal 17 April s.d. 4 Juli 2017(Online) dengan mekanisme pendaftaran motor saja.
  4. Untuk perjalanan contra flow pendaftaran dilakukan pada tanggal 16 Mei s.d 4 Juli 2017 di Stasiun persinggahan KA Motis di Daerah

Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi. Anda dapat melakukan pendaftaran mudik gratis ini secara online dengan mengunjungi halaman :  http://mudikgratis.dephub.go.id/frontend/web/

Persiapan Pendaftaran Mudik Motor Gratis

Sebelum melakukan pendaftaran pada situs mudik gratis kemenhub pastikan anda telah menyiapkan data-data pendukung agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar.

Meskipun pendaftaran mudik gratis ini dapat dilakukan menggunakan smartphone, tapi saya merekomendasikan untuk menggunakan seperangkat PC/Laptop agar lebih mudah.

Hal-hal yang perlsu dipersiapkan adalah :

  1. Seperangkat PC/Laptop/ Smartphone yang terkoneksi ke Internet
  2. Scan KTP
  3. Scan KK
  4. Scan  SIM
  5. Scan STNK (Jika tidak memiliki scanner, anda bisa menggunakan HP untuk memotret KTP, KK, SIM, STNK masing-masing dalam format JPG atau PNG dengan ukuran Maximal 1 Kb )
  6. Alamat email Aktif
  7. Nomor HP Aktif
  8. Printer (Optional)

Panduan pendaftaran mudik gratis kemenhub ini dapat anda download disini

Syarat Pendaftaran Mudik Motor Gratis Tahun 2017 (1438 H)

Untuk dapat mengikuti mudik gratis sepeda motor dari kemenhub ini ada berbagai persyaratan yang perlu anda persiapkan. Ini lah syarat pendaftaran mudik gartis sepeda motor 2017 dari kemenhub.

  1. Memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku;
  2. Wajib membawa STNK, SIM dan KTP asli beserta masing-masing 3 (tiga) lembar fotocopiannya;
  3. Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada sepeda motor;
  4. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik atau pemudik;
  5. Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan, dibawa oleh pemilih saat mudik;
  6. Harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua);
  7. Harus dilengkapi dengan pegangan belakang ;
  8. Untuk keamanan pengangkutan, tangki bensin harus kosong saat akan diangkut, pihak ekspeditur akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan tangki bbm;
  9. Kunci sepeda motor diberikan kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana;
  10. Mengisi formulir pendaftaran.

Moda Kereta Api :
Bagi peserta yang berkeinginan untuk dapat difasilitasi pembelian tiket (selama masih tersedia) harus tunduk dan taat pada persyaratan :
a. 1 unit motor untuk pembelian tiket maksimal 3 (tiga) orang dalam 1 keluarga (2 orang dewasa 1 orang anak usia maksimal 11 tahun);
b. Mengisi formulir isian pembelian tiket;
c. Melakukan pembayaran pembelian tiket pada kasir yang telah ditunjuk pada hari  yang sama ;
d. Peserta mudik motor berhak mendapatkan bukti  tanda terima pembelian tiket yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket asli pada saat dropping/penyerahan motor (H-1) keberangkatan di stasiun yang ditunjuk;
e. Bukti/tanda terima pembelian tiket TIDAK BISA DIBATALKAN atau DIPINDAHKAN tanggal keberangkatannya untuk itu RENCANAKAN PERJALANAN ANDA DENGAN BAIK DAN BENAR.

Motis2017

Ketentuan Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2017

1.Satu pendaftar harus memiliki SIM C dan hanya dapat mendaftarkan satu unit motor, dan dapat difasilitasi pembelian tiket KA (selama alokasi masih tersedia) untuk 2 orang dewasa + 1 anak berusia maksimal 11 tahun.

2. Bukti Pendaftaran ini dibawa pada saat registrasi ulang dan saat penyerahan sepeda motor.

3. Bagi para peserta yang mendaftar secara online, apabila dalam waktu 2 x 24 jam setelah menerima bukti pendaftaran tidak melakukan registrasi ulang di lokasi yang ditunjuk*), maka data yang didaftarkan akan terhapus secara otomatis oleh sistem dan kode booking tidak dapat digunakan kembali.

4. Pemberangkatan sepeda motor, 1 hari lebih awal dari tanggal keberangkatan Peserta Motis 2017 yang terdapat di tiket yang dimiliki/dibeli oleh Peserta Motis 2017.

5. Tiket yang dimiliki Peserta Motis, bisa berupa tiket KA, tiket Bus, ataupun tiket Travel.

6. Untuk bisa mendaftar Motis 2017, harus bisa menunjukkan tiket KA/Bus/Travel atas nama Peserta Motis 2017. Tanpa menunjukkan bukti tiket tersebut, peserta tidak bisa mendaftar motis 2017.

7. Semua Peserta Motis 2017 dengan moda KA, harus mendaftarkan diri secara online. Pendaftaran secara online bisa dilakukan di Rumah atau di Stasiun tempat pendaftaran.

8. Bagi calon Peserta Motis 2017 yang mendaftar lebih awal akan dibantu oleh panitia untuk pembelian tiket KA kelas ekonomi sepanjang persediaan tiket KA yang dialokasikan oleh PT KAI (Persero) masih tersedia.

9. Sepeda motor diserahkan H-2 atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang.

10. Sepeda motor diserahkan langsung ke Stasiun tempat pendaftaran pukul 08.00 – 18.00 WIB.

11. Pada saat pendaftaran dan penyerahan motor wajib menunjukkan KTP asli pendaftar, Kartu Keluarga Asli, STNK Asli (Nama di STNK boleh berbeda dengan nama di KTP) dan menandatangani bukti pengiriman. Kapasitas mesin motor yang diijinkan maksimal 150cc. BBM dikosongkan, Spion dilepas dan di bawa sendiri Peserta Motis 2017.

12. Helm dibawa oleh masing-masing peserta, dan tidak dapat dikirimkan bersama motor.

13. Pengambilan sepeda motor di Stasiun tujuan maksimal 2 x 24 jam setelah motor tiba dan tidak dipungut biaya parkir. Apabila terjadi kehilangan yang disebabkan oleh keterlambatan pengambilan sepeda motor, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing peserta. Apabila dalam waktu 2 x 24 jam belum diambil, sepeda motor tersebut akan dipindahkan ke tempat parkir yang berbayar (RESKA).

14. Bagi peserta yang tidak menyerahkan motor, maka bukti pendaftaran ini dianggap hangus dan tidak berlaku serta bukti pembelian tiket penumpang tidak dapat diuangkan ataupun diubah menjadi nama lain.

15. Para Peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku.

Keterangan :

*) Stasiun pendaftaran periode awal dari tanggal 16 Februari sampai dengan 15 Juni 2017 yaitu Stasiun Bogor, Stasiun Depok Baru, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Tangerang, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Lemah Abang, Stasiun Purwakarta, Stasiun Kiaracondong.

**) Stasiun pendaftaran periode tanggal 15 Februari sampai dengan 15 Juni 2017 yaitu seluruh stasiun rute perjalanan.

Info Mudik Lainya

, , , , ,

8 thoughts on “Mudik Motor Gratis 2017 Siap Tampung 18 Ribu Pendaftar, Ini Tata Caranya

    1. ikuti panduan yang disediakan Bu, biasanya setelah selesai pendaftaran harus melakukan verifikasi dokumen/ daftar ulang sesuai ketentuan yang berlaku

    1. untuk moda bis tidak tersedia, tapi anda bisa ikut program mudik gratis Jasa Raharja yang menyediakan moda Bus dan Kereta api

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *