Benarkah Mudik Dengan Kendaraan Pribadi Lebih Aman dan Nyaman?

Mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor sepintas akan terlihat lebih murah akan tetapi ada bahaya yang harus diwaspadai.

Jika dilihat dari jumlah uang yang dikeluarkan pasti jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mudik menggunakan pesawat terbang.

Akan tetapi, bila dilihat dari beberapa pertimbangan lain seperti penjelasan berikut ini, bisa jadi mudik dengan kendaraan pribadi akan menjadi lebih mahal dan beresiko.

1. Nampak Hemat Tapi Kenyataanya Tidak

Banyak orang beranggapan bahwa mudik menggunakan mobil dan motor jauh lebih hemat dibandingkan mudik menggunakan pesawat.

Tapi kalau benar-benar dihitung, anda akan menemukan bahwa mudik menggunakan mobil pribadi akan membutuhkan lebih banyak biaya.

Tidak percaya? Coba kita mulai hitung dengan menggunakan perhitungan sederhana perkiraan biaya mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Pertama, agar mobil yang dipakai untuk mudik tidak mengalami kendala ditengah perjalanan tentu saja kondisinya harus prima.

Untuk mendapatkan kondisi yang prima, tentu saja mobil harus diberian treatmen istimewa. Tune-up, ganti oli,  minyak rem, penggantian sparepart, ban dan hal lain yang pasti akan membuat anda merogoh kocek lebih dalam.

Selain biaya diatas, masih ada biaya yang harus dikeluarkan nantinya. Biaya tersebut antara lain untuk pengeluaran bahan bakar, bayar tol, bahkan kadang kita perlu menyediakan sedikit uang pecahan kecil untuk membayar pak ogah yang suka membantu mengatur lalulintas di perempatan jalan.

Belum lagi pengeluaran tak terduga sepanjang perjalanan yang tentu saja akan membuat pengeluaran anda semakin membengkak.

Meskipun pengeluaran tersebut tampak sedikit, akan tetapi lama-lama akan bikin kantong tekor juga apalagi jika anda terjebak dalam kemacetan panjang.

Terlebih lagi jika perjalanan mudik anda membutuhkan waktu lebih dari dua hari misalnya, itu artinya anda harus bersiap untuk mengeluarkan biaya untuk akomodasi, makan, jajan, dan kebutuhan lain di perjalanan.

2. Nampak Aman Tapi Sebenarnya Tidak.

Tujuan utama mudik anda tentu saja agar dapat berkumpul dengan keluarga besar, bersilaturahim dengan handai taulan yang lama tak bersua. Seharusnya keselamatan menjadi poin utama yang mendapat prioritas. 

Two cars crashed. Close up image

Pada penyelenggaraan mudik tahun 2016 lalu, jumlah kecelakaan lalulintas memang mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Dari data yang ada diketahui bahwa selama musim mudik tahun 2016 lalu telah terjadi 1.947 kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah tersebut sebanyak 366 orang meninggal dunia, 634 orang luka berat dan 2.537 luka ringan.

Sekarang bandingkan dengan data kecelakaan pesawat terbang dari KNKT tahun 2016 lalu dimana tercatat 15 kecelakaan dan membuat 5 orang meninggal dunia serta 57 lainya luka-luka.

Dari data dan fakta yang tersaji jelas bahwa resiko kecelakaan lalulintas di darat jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kecelakaan pesawat terbang

3. Nampak Menyenangkan Bagi Anak-anak, Tetapi Tidak

Saat anak-anak diberitahu bahwa mereka akan diajak mudik, respon mereka pasti akan sangat gembira dan antusias.

Mereka membayangkan perjalanan yang menyenangkan disertai nyanyian dan tawa canda, kemudian sampai di kampung dan bertemu dengan kakek nenek.

Padahal moda transportasi darat seperti Mobil bukanlah kendaraan yang cocok untuk perjalanan anak kecil dalam jangka waktu yang lama, terlebih lagi sepeda motor.

Anak-anak tentu saja mereka selalu butuh ruang bermain yang nyaman. Ruangan didalam mobil tentu saja tak sebesar dan senyaman ruangan di dalam kereta api misalnya. Meskipun kereta api ekonomi sekalipun.

Karena saat ini sudah ada 3 kereta api ekonomi yang diperbaharui sehingga memliki fasilitas senyaman kereta eksekutif.

Baca :  Mudik Pakai KA Ekonomi Rasa Eksekutif, Tiket Hanya 80 ribu

Atau bus antar kota yang saat ini sudah berada pada trend terbaru dengan menggunakan bus double decker  yang mewah.

Tentu anak-anak bisa saja ikut mudik didalam mobil akan tetapi anda perlu memperhatikan tips mudik bersama anak-anak agar anak-anak tidak mudah bosan dan lelah, lalu kemudian rewel.

Ketika anak kecil rewel diperjalanan, tentu akan lebih merepotkan bukan?

4. Nampak Lebih Cepat, Tetapi Tidak

Mungkin anda berfikir dengan menggunakan kendaraan pribadi akan lebih cepat sampai ditujuan.

Tetapi coba bayangkan, ada berapa puluh juta orang yang ingin mudik dalam waktu yang sama?

Tentu saja itu bukan jumlah yang sedikit.

Bahkan untuk musim mudik tahun 2016 lalu, terjadi kemacetan di pintu keluar tol Brebes atau sekarang dikenal dengan istilah ‘Brexit’ selama 48 jam!.

Meskipun saat ini pihak kepolisian telah membuat strategi untuk mengantisipasi macet mudik 2017  nanti akan tetapi resiko terjebak didalam kemacetan akan tetap ada.

Pikirkan lagi, pertimbangkan dengan masak, apakah kalian sudah benar – benar siap dengan kemacetan dikala mudik yang bisa membuat frustasi itu?

Bisa – bisa waktu perjalanan mudik anda akan menjadi jauh lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan kereta api atau pesawat.

5. Masih Ingin Mudik Menggunakan Sepeda Motor?

Saya masih tidak habis fikir dengan pemudik yang nekat membawa balita dan barang bawaan menggunakan sepeda motor.

Padahal ada program mudik gratis yang memang dikhususkan bagi pemudik bersepda motor. Anda dan keluarga mudik secara gratis menggunakan bus dan kereta api sedangkan sepeda motor anda akan diangkut menggunakan Truk dan kereta api.

Tetapi jika anda tetap akan mudik menggunakan sepeda motor ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Kondisi kendaraan yang prima, kondisi fisik yang bagus serta jangan membawa balita bersama anda karena sangat berbahaya.

Anda tentu saja tidak ingin peristiwa tragis dimana seorang balita meninggal dunia di jalan saat dibawa mudik naik motor orang tuanya terulang kembali.

Jaga keselamatan dan semoga perjalanan mudik anda selamat sampai tujuan.

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *