135 Bus Dari Jakarta Disiapkan Pemkab Tegal Untuk Mudik Gratis

Mudik Gratis Pemkab Jember

Pemerintah Kabupaten Tegal menyiapkan 135 Bus dari Jakarta untuk mengangkut warganya yang akan mudik kekampung halaman secara gratis lebaran nanti. Rencananya mudik gratis ini akan dilaksankan pada tanggal 20 Juni 2017 mendatang dan akan dilepas secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Seperti yang diberitakan oleh jpnn.com Kabid Angkutan Jalan dan Terminal Dinas Perhubungan Tegal, Kusnianto mengatakan ada 135 bus yang disiapkan. Nantinya, bus ini diberangkatkan serentak oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada H-5 Lebaran mendatang.

Kusnianto mengatakan, mudik gratis yang digelar Pemkab Tegal kali ini merupakan yang kelima.

“Pemberangkatan mudik gratis dari TMII akan dilepas gubernur pada 20 Juni mendatang. Total bus yang disediakan untuk mudik gratis perantau asal Jawa Tengah dari masing-masing kota dan kabupaten mencapai 135 bus. Untuk Kabupaten Tegal, pendaftaran sudah dilakukan. Ada 150 pemudik yang akan diangkut menuju Slawi,”sambungnya.

Rencananya, rombongan bus mudik gratis itu nantinya akan turun di area Sarana Perhubungan Terpadu (Saperta) Terminal Dukuhsalam. Yang akan menyambut, Wakil Bupati Tegal, Umi Azizah saat tiba di Saperta.

Program Mudik gratis ini merupakan bagian dari Mudik Gratis Pemprov Jawa Tengah yang secara total menyediakan sebanyak 177 bus dengan kapasitas 9.123 penumpang yang difungsikan untuk mengangkut pemudik menuju 35 kabupaten atau kota di Jawa Tengah

Warga Tegal yang selama ini bekerja di ibukota mengais penghasilan sebagai pekerja informal. Mulai dari buruh pabrik, asisten rumah tangga, hingga pedagang kaki lima yang sangat membutuhkan sarana mudik gratis untuk berlebaran di tanah kelahirannya.

“Guna mempermudah koordinasi, kami menggandeng Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah yang mengkoordinir keberadaan pekerja dari Provinsi Jawa Tengah,” urainya.

Sementara untuk mendata keberadaan perantau asal Kabupaten Tegal, secara spesifik pihaknya melakukan kerja sama dengan Ikatan Keluarga Besar Kabupaten Tegal (IKBT) untuk mencari pekerja yang selama ini mengais rejeki di wilayah Jabodetabek.

Pendaftaran calon peserta mudik gratis dengan menggunakan bus ini telah dibuka sejak Rabu (17/5/2017) pukul 08.00, di Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Jl Prapanca II No 11 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Saat mendaftar, calon pemudik harus datang sendiri tidak bisa diwakilkan.

Anda juga harus menunjukkan dokumen asli dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili daerah asal Jateng atau KTP musiman, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan jalan atau boro yang masih berlaku.

 

Demikian informasi mudik gratis Pemkab Tegal yang bisa kami bagikan, silahkan share agar saudara-saudara kita yang lain bisa mendapatkan info mudik gratis ini.

 

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *