Halo Warga Jember, Ada Program Mudik Gratis Pemkab Jember, Begini Cara Daftarnya

Mudik gratis Pemkab Jember akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2017 dari Jakarta menuju Jember dan tanggal 22 Juni 2017 dari Madura menuju Jember. Pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka sejak tanggal 25 April 2017 lalu. Bagi anda yang berminat untuk mengikti program mudik gratis ini dapat mendaftarkan diri dan keluarganya di Kantor Dinas Perhubungan ( Dishub ) Jember.

Cara Daftar Mudik Gratis Pemkab – Dishub Jember

Bupati Jember, Faida mengatakan, mudik gratis yang disiapkan Pemkab Jember sudah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 25 April kemarin, sampai 01 Juli 2017 di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jember.

Sedangkan teknis pendaftaranya adalah, calon pemudik atau keluarganya cukup datang ke Kantor Dishub Jember, dan membawa foto copy KTP atau KK, serta meninggalkan nomor handphone calon penumpang yang bakal mengikuti program mudik gratis tersebut

“Pengumuman mudik gratis lebih awal tersebut untuk menjadikan informasi itu tersebar lebih luas dan  bisa sampai ke masyarakat agar bisa dimanfaatkan,” katanya.

Menurutnya, biasanya jauh-jauh hari masyarakat sudah merancang agenda mudiknya. Oleh karenaya, Pemkab Jember menginginkan yang biasanya menggunakan roda dua beralih dengan memanfaatkan angkutan gratis yang disediakan pemerintah.

“Biasanya arus kendaraan cukup padat ketika momen mudik, sehingga roda dua keamanannya dinilai kurang terjamin di jalur mudik, ” ujar Faida.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Jember, Siswanto menambahkan, pada agenda mudik gratis tahun ini, Pemkab Jember telah menyiapkan dua rute yaitu dari Jakarta-Jember, dan Madura-Jember. Dua rute ini bakal diberangkatkan secara berkala menggunakan bus yang telah disiapkan.

“Untuk yang dari Jakarta tanggal 21 Juni, sedangkan yang dari Madura tanggal 22 juni,” tuturnya.

Lebih lanjut Siswanto berkata, setiap tahun jumlah pemudik semakin bertambah, sehingga untuk mengantisipasi membeludaknya pemudik, pemerintah bakal menambah armada serta rute mudik baru, yaitu dari Jember ke Madura.

“Rute Madura tersebut sesuai dengan arahan Bupati Faida untuk menambah rute baru, untuk sementara kita siapkan dari Jakarta ke Jember satu unit bus, Madura ke Jember dua unit bus, dan dari Surabaya ke Jember delapan unit bus. Itu tidak menutup kemungkinan ada tambahan armada lagi,” jelasnya.

Kepastian program mudik gratis Pemkab Jember melalui Dishub Jember ini juga telah dikonfirmasi oleh harian bhirawa online.

“Ini baru pertama kali  dibuka mudik gratis Jakarta-Jember. Karena permintaannya sangat tinggi. Tahun depan jika lancar dan anino meningkat akan ditambah armadanya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Jember yang dikonfirmasi melalui Plh Kasi Angkutan Orang Dishub Jember Nova Ritonga di ruang kerjanya kemarin.
Selain jalur Jakarta-Jember, Dishub Jember juga menyediakan 2 armada bus mudik kelabaran jalur Jember-Madura, dan 2 armada  bus untuk program Balik lebaran jalur Jember-Surabaya.

“Khusus untuk angkutan Balik lebaran Jember-Surabaya kami sudah mengajukan tambahan armada 3 bus  ke Provinsi. Tapi hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Dishub Provinsi atas permintaan ini,” ujar Nova kemarin.
Menurut Nova, program mudik lebaran 2017, sudah mulai dibuka pendaftaran. Mereka mendaftarkan diri ke Dishub Jember dengan menyerahkan foto copy KTP atau KK. Hingga berita ini diturunkan ada 16 calon penumpang yang mendaftarkan diri dari Jakarta ke Jember.

”Untuk pemudik dari Jakarta ke Jember akan diberangkatkan 21 Juni 2017 dari terminal Pulo Gebang Jakarta dengan kapasitas 44 sheet,” ujarnya pula.
Sedang untuk mudik dari Jember-Madura Dishub menyediakan dua armada bus yang nantinya akan dilepas oleh Bupati Jember Faida.” Mereka nanti akan berkumpul di alun-alun tanggal 22 Juni 2017.

Hingga saat ini sudah ada 10 orang yang mendaftar. Biasannya awal puasa sudah penuh pendaftar. Untuk asas pemerataan kami memberikan jatah 4 orang / KK (Bapak, Ibu dan 2 anak),” terangnya pula.

Untuk angkutan Balik Jember-Surabaya menyediakan 2 armada dan kemungkinan akan ditambah 3 armada lagi dari Dishub Provinsi. “Mereka (penumpang Balik) akan diberangkatkan 1 Juli 2017dari Jember menuju Surabaya.

 

Info Mudik Lainya

, ,

2 thoughts on “Halo Warga Jember, Ada Program Mudik Gratis Pemkab Jember, Begini Cara Daftarnya

    1. teknis pendaftaranya adalah, calon pemudik atau keluarganya cukup datang ke Kantor Dishub Jember, dan membawa foto copy KTP atau KK, serta meninggalkan nomor handphone calon penumpang yang bakal mengikuti program mudik gratis tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *