Kondisi Terkini Rest Area Sepanjang Tol Cipali Yang Perlu Anda Ketahui Agar Perjalan Mudik anda Nyaman

Jika anda akan mudik menggunakan kendaraan pribadi dan berencana melewati tol Cipali, sebaiknya terus memantau kondisi jalur mudik terutama sarana dan prasarana yang ada di jalan tol Cipali. Salah satu sarana vital yang perlu anda perhatikan adalah kondisi rest area sepanjang jalur Cipali.

Jalan Tol Cipali (Cikopo – Palimanan) merupakan jalan tol yang yang memiliki panjang jalur mencapai 116 kilometer. Jalur ini menghubungkan Cikopo, Purwakarta dan Palimanan, Cirebon.

Dengan dominasi jalanan yang lurus tak ayal jika banyak pengemudi yang kemudian mengendarai mobilnya dengan cepat.

Serangan rasa bosan dan kantuk karena menempuh jalur yang panjang dan lurus acap kali jadi penyebab kecelakaan, oleh sebab itu rest area mutlak diperlukan bagi para pengemudi untuk beristirahat agar merasa fit kembali dan bisa melanjutkan perjalanan dengan aman.

Kondisi Rest Area Tol Cipali Terkini

Terdapat 4 rest area di sepanjang Tol Cipali, baik itu yang mengarah ke Palimanan atau yang mengarah ke Cikopo. Dari total empat rest area sepanjang jalur Tol Cipali menuju Brebes Timur, ada dua rest area yang dilengkapi tempat pengisian bahan bakar (SPBU), yaitu KM 102 dan KM 166.

Rest area KM 102 menjadi tempat peristirahatan paling besar di antara keempatnya.

Sementara rest area KM 86 dan KM 133 hanya cocok menjadi tempat pemberhentian sementara untuk membeli bekal atau kebutuhan lainnya.

Rest Area Tol Cipali Arah Palimanan, Cirebon

  1. Rest Area Tol Cipali KM 8

Rest area KM 86 termasuk ke dalam rest area tipe B. Di rest area ini terdapat mushola/masjid, restoran juga toilet anamun tidak ada SPBU.

  1. Rest Area Tol Cipali KM 102

Berbeda dengan rest area Tol Cipali KM 86, rest area ini adalah rest area tipe A. Fasilitasnya lebih lengkap, termasuk ada SPBU di dalamnya. Bahkan rest area KM 102 ini mampu menampung hingga 1.500 kendaraan.  Jumlah WC yang disediakan pun sangat banyak, sehingga antrian pengguna menjadi lebih sedikit.

 

Selain area parkir, dalam masa mudik tahun ini juga akan ditambahkan fasilitas kanopi di area sekitar masjid yang dibuat permanen. Fasilitas kanopi tersebut dapat dimanfaatkan pemudik shalat berjamaah, termasuk untuk saat salat Ied maupun salat Jumat pada hari-hari normal.
Selain itujuga disediakan fasilitas toilet portable, mobile bank, posko kesehatan,  hingga bengkel yang disediakan oleh beberapa merk kendaraan roda empat.
  1. Rest Area Tol Cipali KM 130

Fasilitas di rest area ini tidak jauh berbeda dengan rest area KM 86 karena sama – sama masuk ke dalam rest area tipe B.

  1. Rest Area Tol Cipali KM 166

Jika rest area KM 130 sama dengan rest area KM 86, maka rest area KM 166 ini serupa dengan rest area KM 102 yaitu tergolong rest area tipe A yang memiliki fasilitas SPBU dan berukuran lebih luas sehingga dapat menampung kendaraan lebih banyak.

Rest Area Tol Cipali Arah Cikopo, Purwakarta

  1. Rest Area Tol Cipali KM 86

Termasuk ke dalam rest area tipe B, tentu fasilitas yang ada di rest area ini tidak selengkap tipe A. Selain itu, luasnya juga tidak sebesar rest area tipe A.

  1. Rest Area Tol Cipali KM 101

Terdapat SPBU di rest area ini, karena rest area KM 101 merupakan salah satu rest area tipe A. Selain adanya SPBU, jumlah pilihan restoran dan tempat makan di rest area ini juga lebih banyak karena lahan yang luas.

  1. Rest Area Tol Cipali KM 130

Meski luasnya tidak sebesar rest area tipe A, jumlah restoran dan tempat makan lebih sedikit serta jumlah WC yang tidak terlalu banyak, rest area KM 130 ini tetap menjadi tempat yang baik juga layak untuk beristirahat jika pengemudi merasa lelah atau mengantuk.

  1. Rest Area Tol Cipali KM 164

Rest Area KM 164 termasuk ke dalam rest area tipe A dan tentunya memiliki luas lebih besar daripada rest area tipe B.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *