KAI Access, Bukan Sekedar Aplikasi Pemesanan Tiket. Ini Dia Alasanya

Jika anda berfikir bahwa KAI Access hanya sebuah aplikasi untuk pemesanan tiket kereta api secara online yang baru dipergunakan saat akan membeli tiket kereta api, ada baiknya anda membaca tulisan ini sampai dengan selesai.

Karena anda akan tau fitur dan manfaat melimpah yang seharusnya bisa anda nikmati dari aplikasi yang telah berjalan dengan baik di berbagai platform sistem operasi smartphone.

Saya sengaja membuat tulisan tentang KAI Acces ini dalam artikel yang panjang dan detail agar anda bisa memaksimalkan manfaat yang ada dalam aplikasi ini. Juga akan saya sertakan beberapa masalah mendasar yang pernah ada pada aplikasi ini beserta solusinya.

Agar lebih mudah dibaca karena siapa tau anda ingin langsung menuju pada pokok bahasan yang sedang anda cari, maka dalam review kali ini saya buat dalam beberapa topik pembahasan, yakni:

  1. Apa itu KAI Acces
  2. Fitur-fitur KAI Acess
  3. Cara Install KAI Acces
  4. Cara Beli Tiket Kereta Api Online Dengan KAI Access

KAI Access, Official Mobile Application PT.KAI

KAI Access merupakan aplikasi mobile resmi yang dikembangkan oleh PT. Kereta Api Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya dalam mengakses informasi seputar kereta api.

Aplikasi ini sendiri mulai diluncurkan sejak  tanggal 26 July 2013 untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan tiket kereta api secara lebih mudah dan manusiawi tanpa harus antri berdesakan bahkan menginap di loket stasiun.

Sebagian dari kita bisa jadi adalah salah satu saksi perjalanan sejarah pelayanan PT.KAI dalam penjualan tiket kereta api. Mungkin anda pernah menginap di depan loket stasiun, berdesakan dengan ratusan calon penumpang yang lainya demi mendapatkan tiket mudik lebaran, dan ironisnya anda tidak berhasil memperoleh selembar tiketpun. Sementara itu, calo berkeliaran melenggang santai menawarkan tiket dengan harga mencekik.

KAI Acces menghilangkan antrian depan loket

Semua kejadian itu saat ini hanya tinggal kenangan saja, dengan hadirnya aplikasi KAI Access masyarakat dapat memantau informasi tiket mudik , memesan dan membayar tiket keretea api melalui smartphone.

Hingga saat ini, aplikasi KAI Access dapat berjalan dengan baik pada smartphone berbasis Android, iOS, Windows Phone,  BlackBerry OS 5, OS 6, OS 7 dan BlackBerry OS 10

Fitur KAI Access

Kemudahan utama yang akan anda dapatkan dari penggunaan aplikasi ini adalah anda bisa mendapatkan informasi seputar kereta api secara terupdate dan melakukan pemesanan tiket kereta api secara online dimanapun dan kapanpun selama anda memiliki akses Internet.

Dengan Aplikasi ini, pemesanan tiket bisa anda lakukan di rumah sambil menonton TV bersama keluarga atau ditempat manapun selama ada akses Internet. Jadwal yang ditampikan dalam KAI Acces adalah secara  ONLINE REAL TIME sesuai dengan server Kereta Api Indonesia.

Kemudahan – kemudahan yang mungkin tak pernah anda bayangkan sebelumnya:

  1. Pembayaran yang fleksibel tanpa perlu mengantri di statsiun. Pembayaran dapat dilakukan di ATM maupun swalayan yang masuk dalam channel yang telah ditunjuk oleh PT.KAI.(DaftarChanel bisa anda lihat dibawah artikel ini)
  2. Setelah tiket terbayarkan, dengan menunjukan bukti lunas di menu kode booking dan anda bisa mendapatkan tiket. Dan kini bahkan anda bisa cetak tiket sendiri melalui Booth CTM (Cetak Tiket Mandiri) yang terdapat di stasiun. ( Anda juga bisa langsung mencetak Boarding Pass Tikcet pada Stasiun yang telah menggunakan systme Checkin Mandiri )
  3. Pemesanan bisa dilakukan hingga 3 bulan sebelum hari keberangkatan.Untuk liburan massal seperti hari raya lebaran, anda bisa memesan tiket jauh-jauh hari yakni hingga 3 bulan sebelum keberangkatan untuk menghindari keterbatasan kursi.
  4. Pemesanan juga bisa dilakukan sampai dengan 6 jam sebelum kereta berangkat.
  5. Jumlah pemesanan bisa sampai dengan 4 Penumpang. Data-data penumpang dapat disimpan pada device sehingga untuk pemesanan berikutnya anda tak perlu menginput data penumpang yang sama.
  6. Integrasi dengan calendar device,  Aplikasi KAI Access ini juga mampu mengingatkan penggunanya jadwal keberangkatan dengan memberi notifikasi pada aplikasi kalender yang terdapat dalam perangkat Android anda.
  7. Dapat memilih tempat duduk sendiri, hal ini tentu menguntungkan karena biasanya beberapa penumpang harus terpisah jika membeli tiket secara offline.
  8. Dapat melihat history pemesanan sebelumnya.
  9. Dapat melihat lokasi stasiun terdekat berbekal Aplikasi Maps yang telah disematkan dalam aplikasi ini. Dengan daftar peta lokasi stasiun, anda tidak perlu lagi bingung dalam mencari stasiun yang terdapat di kota anda. Peta sudah terintegrasi dengan GPS device anda, jadi anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang ada pada peta, dan anda akan sampai di stasiun terdekat.

Agar lebih mudah, secara singkat fitur – fitur yang tersedia dalam aplikasi KAI Access adalah sebagai berikut :

KAI Access

Jadwal: Berguna untuk melihat jadwal kereta.

Pesan Tiket: Digunakan untuk melakukan pemesanan tiket kereta api.

Riwayat: Fitur ini berguna untuk melihat riwayat pemesanan tiket yang pernah kita lakukan sebelumnya.

Cek Boking: Pada fitur ini kita dapat memeriksa status tiket yang sudah kita boking.

Peta Lokasi: Memungkinkan kita melihat lokasi stasiun kereta api.

Profil: Berisi data diri dari calon penumpang, yang sbelumnya sudah didaftarkan.

Berita: Fitur ini terdapat berita terkini seputar perkereta apian Indonesia, dan promo yang ditawarkan oleh pihak PT. Kereta Api Indonesia.

Cara Install KAI Access

Sebelum menginstall KAI Access pada smartphone anda, pastikan memilih paket installer yang sesuai dengan device anda.

Merujuk pada situs PT.KAI, sampai saat ini hampir semua sistem operasi yg ada pada smartphone compatible untk di install aplikasi tiket online ini.

Aplikasi KAI Access dapat berjalan dengan baik pada :

  • Android OS – Last Update (1.0.0.7)
  • iOS – Last Update (1.0.0.3)
  • Windows Phone OS – New Release (1.0.0.1)
  • Blackberry™ OS5, OS6 and OS7 – Last Update (1.2.0.2)
  • Blackberry™ OS 10 – Last Update (2.2.1.3)

Tempat Download Aplikasi KAI Access

Untuk menginstall aplikasi KAI Access silahkan download installer KAI Acces sesuai dengan sistem operasi yang berjalan pada smartphone anda

  1. Installer KAI Access BlackBerry
  2. Installer KAI Access Android <- Download KAI Acces Kereta disini
  3. Installer KAI Access Windows Phone
  4. Installer KAI Access iOS

Aplikasi ini dapat didownload dan diinstall secara GRATIS jadi jangan takut anda dikenakan biaya untuk memanfaatkan fitur yang disediakan.

 

Panduan Install KAI Access Pada Android

Untuk simulasi penginstallan KAI Acess kali ini saya menggunakan Androd Marsmallow yang berjalan pada HP Asus ZenFone Laser 2 .

Pertama download installer KAI Access untuk Android seperti link diatas, anda akan menemukan halaman semacam ini :

KAI Access

Klik tombol install dan tunggu hingga selesai download

KAI Access

 

Lanjutkan hingga proses instalasi berjalan sampai selesai.

Jika semua proses instalasi berjalan dengan normal dan lancar, harusnya saat ini anda sudah bisa membuka aplikasi KAI Access melalui gadget anda.

Panduan Registrasi pada KAI Access

Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran / registrasi pada aplikasi KAI Access.

Registrasi ini perlu dilakukan untuk menginput data-data anda.

Data-data yang perlu di input natara lain nama dan nomor identitas, pastikan anda mengisi data-data ini sesuai dengan dokumen pendukung yang anda miliki semisal KTP atau SIM karena dataini antinya akan dipergunakan sebagai data pada pemesanan dan pembelian tiket kereta api.

Jadi jika data yang anda masukkan tidak sama dengan kartu identitas anda, bisa jadi anda akan mengalami masalah saat dilakukan verifikasi/ boarding pass ke dalam stasiun.

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa data masukan yang tidak bisa di edit setelah diinput seperti No. HP dan nama pengguna. Oleh karena itu pastikan anda mengisi dengan baik dan benar data-data yang diperlukan sesuai dengan ID Card yang anda miliki.

Namun demikian jika dalam hal anda melakukan kesalahan saat input data dan ingin mengubah nama pengguna, bisa mengirimkan email ke alamat apps@kereta-api.co.id atau kontak_pelanggan@kereta-api.co.id dengan menyertakan nomor handphone yand didaftarkan pada akun KAI Access.

Langkah-langkah registrasi KAI Acces dimulai dengan membuka aplikasi KAI Acces, lalu kemudian pilih Registrasi.

KAI Access
Kemudian masukkan No. Hp, Password (kombinasi huruf dan angka), serta lengkapi biodata sesuai dengan kartu identitas anda.

Anda bisa menggunakan data-data yang ada  pada KTP ataupun SIM anda.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun dengan cara  memasukkan Kode Aktivasi yang dikirimkan ke nomor handphone yang didaftarkan tadi.

KAI Access
Setelah sukses melakukan verifikasi, anda akan dibawa kedalam menu utama KAI Acces yang terdiri dari 8 panel menu.
Yakni  Profile, Booking Ticket, Booking Check, Map, News, Schedule, History, dan About (lihat gambar dibawah ini)

KAI Access

Profile : berisi informasi pemesan *
Di panel Profile, anda tidak bisa bisa mengganti nama dan alamat email. HANYA DAPAT MENGGANTI ALAMAT RUMAH SAJA.

Menurut pihak KAI, hal ini diperlukan untuk menghindari penyalahgunaan data-data oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Booking Ticket : halaman untuk memesan tiket
Booking Check : halaman untuk melihat kode booking / kode pembayaran
Map: Peta lokasi stasiun-stasiun besar dan kecil
News : Sekilas berita tentang aktivitas PT. KAI
Schedule : Halaman untuk melihat jadwal kereta **
(Baca dibawah untuk penjelasannya!)

History : Halaman untuk melihat masa lalu kamu kode booking yang pernah dibooking.
About : Keterangan mengenai aplikasi, versi, serta Syarat dan Ketentuan

Secara garis besar itulah 8 menu yang tersedia dalam aplikasi KAI Acces.

Selanjutnya, akan saya share bagaimana cara termudah melakukan booking dan melakukan pembayaran tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access ini.

Cara Beli Tiket Kereta Api Online Dengan KAI Access

Memesan tiket kereta api secara online tak pernah semudah ini sebelumnya, bahkan jika anda menggunakan aplikasi pemesanan tiket kereta berbasis web milik PT KAI ataupun pihak lain seperti traveloka ataupun tiket.com

Kemudahan yang paling saya sukai adalah  adanya fitur  untuk  menyimpan data-data penumpang, sehingga untuk pemesanan berikutnya anda tak perlu menginput data penumpang yang sama.

Menghemat waktu dan tenaga kan??

Okay, untuk melakukan reservasi tiket kereta api secara online anda bisa mulai dengan memilih menu Pesan Tiket.

Anda juga bisa memilih menu Jadwal untuk melakukan pemesanan tiket.

Silahkan isi Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, Tanggal Berangkat (dan Kembali), Kelas, dan Jumlah Penumpang.

KAI Access

Misalnya saya mau beli tiket kereta api dati Gambir  tujuan Kota S=Madiun, pilih tangga, lalu Klik Cari. ( PIlihan kelas bisa anda kosongkan untuk mendapat hasil pencarian lebih luas ).

Jadwal Kereta Pada KAI Access

Dilayar berikutnya, silahkan pilih kereta dan jadwal yang tersedia. Jadwal kereta sudah cukup detail, lengkap dengan jam keberangkatan, waktu tiba, kelas, sub-kelas, harga tiket dan jumlah tiket yang masih tersedia. Kemudian  LANJUT,

Halaman berikutnya akan muncul detail informasi jadwal kereta yang kita pilih. Cek ulang lagi jadwal sudah sesuai dengan pilihan. Kemudian CENTANG tanda setuju dan mematuhi segala persyaratan dan ketentuan reservasi. Lalu, next.
Kemudian, akan keluar konfirmasi pemesanan kamu dan data pemesan.

Konfirmasi Pemesanan pada KAI Access
Pilih LANJUT dan Isi data penumpang sesuai dengan identitas yang berlaku.

JIka sudah selesai tap tombol PESAN

Jika anda sudah cukup puas dengan pilihan kursi yang diberikan secara random oleh system, anda bisa langsung memilih Methode Pembayaran.

Tapi jika anda ingin merubah nomor kursi, silahkan tap tombol PILIH KURSI

Fitur pindah tempat duduk pada KAI Access
Dibagian ini, anda bisa mengganti kursi default (dipilih sistem) sesuai dengan pilihan. Tanda merah menandakan kursi sudah terisi, sedangkan tanda orange adalah kursi anda saat ini.

Untuk mengubah, klik dulu tanda orange  hingga berubah menjadi warna abu-abu tanda bangku kosong.

Klik bangku yang diinginkan. Kemudian simpan dan next.

Langkah selanjutnya adalah memilih metode pembayaran yang anda  inginkan. Tersedia beberapa methode pembayaran yang bisa anda pilih seperti Klikpay BCA, kartu kredit Visa/Master/JCB maupun pembayaran via ATM atau Payment Point.

KAI menerapkan biaya yang berbeda-beda untuk setiap metode pembayaran. Klikpay BCA dan ATM/Payment Point biayanya Rp 7500,- (sebenarnya gratis karena sudah termasuk di harga tiket), sementara jika menggunakan kartu kredit biayanya Rp 22.000,-.

Setelah memilih metode pembayaran, berikutnya akan muncul notifikasi di yang menandakan bahwa pemesanan tiket kereta telah selesai dan berhasil.

Catat kode booking yang anda miliki dan segera lakukan pembayaran maksimal 1 jam setelh kode boking didapatkan.

Jika anda tau bahwa batas akhir pembayaran pemesanan tiket kereta api secara online adalah 3 jam setelah proses reservasi selesai,maka sejak sejak 17 Mei 2017, auran tersebut dirubah menjadi maksimal 1 jam.

 

 

Permasalahan KAI Access dan Solusinya

Jika anda mengalamai kendala didalam penggunaan aplikasi KAI Acces, hal tersebut lumrah adanya. Pada prakteknya aplikasi KAI Access ini tak selalu mulus-mulus saja perjalanannya.

Saya sempat melakukan browsing untuk mencari keluhan-keluhan saat menggunakan aplikasi tersebut dan beberapa diantaranya akan saya kutipkan untuk anda.

Beberapa ada yang bisa saya jawab, dan ada juga masalah teknis yang tidak bisa saya jawab karena memang tidak tahu dan bukan wewenang saya pula.

Sejak diluncurkan pada bulan September 2014 lalu, aplikasi KAI Access sudah beberapa kali dilakukan pembaharuan. Meski tak banyak mengalami perubahan yang signifikan, pemutakhiran ini jelas akan sangat berguna bagi para penumpang kereta api kedepannya.

Dua keluhan yang saya dapat di kolom komentar diantaranya:

Cara Merubah Nama dan No. HP Pada KAI Access
Di dalam Profile (*), kita sama sekali tidak bisa mengganti nama, nomor ID, jenis kelamin, tanggal lahir dan alamat email. Kita HANYA DIPERBOLEHKAN MENGGANTI ALAMAT RUMAH SAJA.

Solusi : Jika dalam hal anda melakukan kesalahan saat input data dan ingin mengubah nama pengguna, bisa mengirimkan email ke alamat apps@kereta-api.co.id atau kontak_pelanggan@kereta-api.co.id dengan menyertakan nomor handphone yand didaftarkan pada akun KAI Access.

 

KENAPA SAYA TIDAK BISA SIGN UP/ REGISTRASI/ DAFTAR?
Hal ini mungkin karena password yang di masukan tidak sesuai dengan kriteria aplikasi yaitu minimal 5 karakter dan maksimal 8 karakter yang terdapat huruf dan angka. yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan password yang anda masukan sesuai dengan kriteria aplikasi.

SETELAH LOGIN PADA APLIKASI SAYA, MUNCUL HARUS MEMASUKAN KODE AKTIFASI, BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN KODE AKTIFASI?/ BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN KODE AKTIFASI?
Setelah anda selesai mandaftaran,selanjutnya akan di konfirmasi melalui sms yang berisi kode aktifasi. kode aktifasi dapat dimasukan pada form kode aktifasi. apabila belum menerima kode aktifasi, silahkan menggunakan fasilitas “Kirim Ulang” untuk meminta kembali kode aktifasi pada handphone user.

KENAPA KETIKA PESAN TIKET DAN CEK JADWAL DI APLIKASI SELALU “FORCE CLOSE” KELUAR SENDIRI?
Ini berhubungan dengan issue release pertama versi 1.0.0.1, hal tersebut dikarenakan perbedaan format date yang disebabkan pengaturan bahasa device menjadi bahasa Indonesia (default-nya adalah bahasa Inggris). Yang harus dilakukan adalah mengganti default bahasa menjadi bahasa Inggris.

KENAPA PADA PILIH KERETA TERTULIS TERSEDIA TETAPI KETIKA DIPILIH TERNYATA KURSI SUDAH HABIS?
issue pada release pertama versi 1.0.0.1, hal tersebut dikarenakan kompabilitas layar. pada device dengan layar yang kecil jumlah kursi tersedia hilang. masih dilakukan perbaikan terhadap issue tersebut, rencana PT KAI  pada update berikutnya sudah diperbaiki.

KENAPA HANDPHONE SAYA TERTULIS INCOMPABILITY (TIDAK KOMPATIBEL) DI PLAY STORE?/ KENAPA SAYA TIDAK BISA MENCARI APLIKASI KAI ACCESS DARI PLAY STORE ANDROID SAYA?
aplikasi android KAI access menggunakan beberapa built-in service yang terdapat pada device android seperti GPS, apabila device android tersebut tidak memiliki service yang dimaksud maka play store akan mendaftar device tersebut pada device yang tidak kompatibel atau tidak dapat dicari dari play store device. masih dilakukan perbaikan terhadap issue tersebut, PT KAI berencana pada update berikutnya sudah diperbaiki.

Kesimpulan

Dengan berbagai fitur yang telah disediakan, KAI Access hadir tidak saja sekedar sebagai aplikasi pemesanan tiket kereta api online.

Melainkan menjadi aplikasi wajib bagi anda yang gemar bepergian menggunakan kereta api.

Info terupdate seputar PT.KAI, informasi real time seputar jadwal kereta dan ketersedian tiket, peta stasiun kereta terdekat dan beberapa fitur lainya membua aplikasi ini layak menjadi  Aplikasi Pemesanan Tiket Terbaik.

Demikianlah share artikel tentang KAI Access yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *