Dalam Hitungan Detik Tiket Kereta H-3 Ludes. Ini Dia Penjelasanya

Seperti yang sudah diprediksi banyak pihak jika puncak pemesanan tiket kereta api lebaran 2017 adalah H-4, H-3, H-2 dan H-1 yang bisa dibeli sejak kamis kemarin. Untuk pemsanan H-3 yang terjadi semalam, banyak kawan yang mengupdate status medsosnya tentang bagaimana sulitnya membuka aplikasi reservasi tiket online. Dan saat aplikasi terbuka, tiket kereta sudah ludes dalam hitungan detik.

Penjelasan PT.KAI

PT KAI menjelaskan jika pemesanan tiket kereta api mudik online yang ludes terjual dalam hitungan detik disebabkan tingginya permintaan.

Seperti kita ketahui jika saat ini PT.KAI menyediakan 222.014 kursi setiap harinya untuk kereta semua kelas.

Jumlah tersbut naik 2,1 % dari tahun lalu. Adapun dari 222.014 kursi penumpang tersebut, terdiri dari 200.154 untuk 331 perjalanan kereta reguler, yaitu kereta ‎jarak jauh, sedang dan lokal. Sementara sisanya 21.860 tempat duduk per hari atas 38 perjalanan ‎kereta tambahan

Dengan jumlah tiket yang tersedia ‘hanya’ dua ratus ribuan sementara yang ingin membeli berjumlah jutaan, orang maka bisa difahami jika banyak yang gagal mendapat tiket mudik lebaran.

Dalam pemesanan online ada aturan ‘siapa cepat dia yang dapat’.

“Ini kan online. Jadi siapa cepat dia dapat,” kata Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta Suprapto seperti yang dimuat laman  detikcom, Jumat (24/3/2017).

Lebih lanjut dia mengatakan terjadi hukum ekonomi terkait habisnya tiket H-3 tersebut. Menurutnya permintaan yang lebih tinggi dari penawaran menjadikan langka suatu barang.

“Ini kan hukum ekonomi permintaan lebih tinggi dari penawaran, maka akan terjadi kelangkaan barang. Saling berebut soalnya kita online mau di dalam maupun luar negeri bisa akses tiket karena tiket online,” ucap Suprapto.

Suprapto menyarankan para calon pembeli mencari tiket di hari lain. Selain secara online, Suprapto juga menyatakan masyarakat dapat membeli tiket di minimarket yang bekerja sama dengan PT KAI.

“Mereka awalnya cari H-3 dan H-2, kalau nggak dapat baru di H-1. Kalau H-1 nggak dapat, baru di H-4. Semua bisa mengakses pemesanan, siapa cepat dia dapat. Kami mengimbau kepada masyaraklat untuk membeli tiket di saluran online, bisa website KAI akses atau di minimarket” ujarnya.

Jika anda termasuk yang belum beruntung mendapatkan tiket kereta api lebaran, mungkin bisa mencoba mencari dilain waktu.

Atau anda bisa mencoba peruntungan dengan membeli tiket kereta api tambahan lebaran yang akan dibuka pemesananya mulai 17 April 2017.

Cek juga rute perjalanan kereta api tambahan lebaran di artikel saya sebelumnya :

Rute Kereta Api Lebaran Tambahan 2017

Info Mudik Lainya

,

4 thoughts on “Dalam Hitungan Detik Tiket Kereta H-3 Ludes. Ini Dia Penjelasanya

  1. Knp kalau on lane susah masik jaringan???.. Sdh pesan k indomaret Kt indomaret mhn maaf jaringan susah…apa hrs ngantri lg spwrti dl ya trim ksh Pak derektur yg terhormat

    1. dengan semakin banyak aplikasi dan pengguna yg bisa mengakses tiket online dalam waktu yg bersamaan, maka persaingan makin sulit dan jaringan juga akan makin lambat

  2. Yth Bapak Direktur utama ( yg terkait ) PT KAI Indonesia.
    Sehubungan dg banyaknya MANULA yg usianya diatas 50 tahun yg ingin menengok anak cucunya di kampung dan bgt sulit tuk mendapatkan tiketnya. Maka kami mengharapkan ada Tiket Mudik gratis KAI khusus untuk MANULA. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *