Cara Membeli Tiket Kereta Api Bandara Railink Medan-Kualanamu

Membeli tiket kereta api bandara Railink secara online melalui internet reservation sebenarnya mudah dilakukan, tapi tak sedikit yang masih belum yakin dengan tata cara bagaimana membelinya.

Jadi daripada nanti salah, lebih baik browsing dulu bagaimana cara membeli tiket Railink secara online. Bagaimana membayarnya dan bagaimana juga cara mencetak tiketnya.

Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara  membeli tiket railink secara online yang bisa anda lakukan sendiri dengan sangat mudah menggunakan HP atau Laptop yang terkoneksi dengan internet.

Dan setelah membaca panduan ini mudah-mudahan anda tidak ragu lagi untuk membeli tiket railink secara online karena akan sanag menguntungkan dari segi waktu, tenaga dan juga biaya.

Flexi Tiket vs Reguler Tiket

Sebelum melakukan pemesanan tiket railink secara online, pastikan anda mengetahui jenis tiket yang tersedia di reservasi Railink Online agar tidak salah membeli.

Saat ini, tiket railink yang dijual di reservasi online ada dua macam, yakni tiket reguler dan tiket flexi.

Agar lebih mudah difahami, tiket reguler adalah tiket kereta yang memiliki jadwal keberangkatan pasti mulai dari hari, tanggal dan jam keberangkatan. Jika tiket tersebut tidak dipergunakan pada jadwal yang sudah tertulis maka tiket akan hangus/tak berlaku.

Sementara tiket Flexi adalah tiket kereta yang bisa dipergunakan jam berapa saja,selama masih dalam hari yang sama.

Dari halaman resmi Railink, inilah yang dimaksud dengan Flexi Ticket :

Sebagai pelayanan bagi para pelanggan setia Kereta Api Bandara Railink, kami menghadirkan sebuah terobosan layanan baru yang memberikan kemudahan serta kenyamanan menggunakan Kereta Api Bandara.

Yaitu sebuah produk yang kami persembahkan dengan nama “FLEXI TICKET”, layanan rservasi tiket Kereta Api Bandara dari dan ke Bandara International Kualanamu, Medan yang bebas memilih jam keberangkatan Kereta Api Bandara pada jam yaang dikehendaki oleh pelanggan sepanjang hari sesuai dengan tanggal yang telah dipilih.

Pelanggan lebih fleksibel mengatur perjalanan dari dan ke Medan dan tidak perlu kuatir tiket Kereta Api Bandara yang telah dipesan akan hangus.

Jam berapa pun pelanggan landing ataupun terbang, FLEXI TICKET dapat di-redeem sesuai keinginan pelanggan.

Cara Membeli Tiket Railink Reguler Secara Online

Untuk pembelian tiket railink reguler, silahkan buka halaman reservasi tiket online railink di halaman :  https://ticket.railink.co.id/ticket

Tunggu sampai halaman terload dengan sempurna kemudian pilih stasiun keberangkatan dan kedatangan. Jika anda membeli 1 perjalanan pilih sekali pergi. 

Jika ingin perjalanan pulang pergi silahkan di pilih opsi pulang pergi

harga tiket kereta api bandara

Selanjutnya, anda bisa memilih tanggal keberangkatan.

Tanggal keberangkatan bisa dipilih mulai dari H-1 hingga H-30 kemudian klik tombol tampilkan, nanti akan ditampilkan daftar kereta api yang bisa anda pesan.

Setelah itu silahkan anda memilih jadwal yang diinginkan kemudian klik tombol pilih hingga anda akan dibawa kedalam form isian beriktunya.

 

Isi form dengan data-data pemesan dan calon penumpang.

Pastikan anda mengisi data sesuai dengan kartu identitas yang berlaku agar pada saat dilakukan cross check data tiket dan kartu identitas oleh petugas di pintu mask ruang tunggu stasiuan tidak terjadi masalah.

Setelah data terisi dengan benar, klik tombol lanjutkan.

Anda akan dibawa kehalaman berikutnya dimana anda bisa memilih gerbong dan nomor tempat duduk yang maish tersedia.

 

Jika sudah oke, klik tanda persetujuan dan dilanjutkan  dengan klik tombol Lanjutkan Pembelian.

Pada halaman selanjutnya, anda bisa memilih methode pembayaran yang paling mudah.

Untuk tiket railink  reguler, cara pembayaran lebih fleksibel karena sudah tersedia payment point melalui Alfamart, Indomaret dan ATAM Mandiri. Sehingga anda bisa memesan dan membayar tiket railink meskipun anda belum memiliki akun e-banking.

Pilih methode pembayaran yang diinginkan lalu centang tanda persetujuan lalu dilanjutkan dengan klik tombol lanjutkan.

 

Cara pembelian tiket railink melalui Indomaret

Gambar diatas menunjukkan cara pembayaran tiket railink melalui Indomaret. Klik setuju dan anda akan dibawa kehalaman selanjutnya.

Sampai disini anda sudah mendapatkan nomor booking dan kode pemesanan yang digunakan untuk melakukan pembayaran.

Anda juga sudah bisa mengunduh e-Ticket railink meski dengan status belum dibayar seperti nampak pada gambar berikut ini.

Segera lakukan pembayaran dan setelah itu cek email anda untuk memastikan jika proses pembayaran telah divalidasi oleh system reservasi tiket railink.

Jika pembayaran sudah di validasi, status e-ticket akan  berubah menjadi sudah bayar dan anda bisa langsung unduh atau cetak e-ticket nya.

Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian :

  1. Struk ini bukan tiket dan harus ditukarkan dengan tiket dan kartu RFID di stasiun KA Bandara.
  2. Penukaran struk paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.
  3. Apabila pembelian tiket Kereta Api Bandara kurang dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat, maka resiko keterlambatan keberangkatan pesawat ditanggung oleh Penumpang
  4. Struk pembelian ini merupakan bukti pembayaran yang sah. Apabila Tiket Kereta Api Bandara dan RFID Tiket Kereta Api Bandara Anda hilang maka tiket dianggap hangus dan Anda wajib membeli tiket baru
  5. Perubahan jadwal tiket keberangkatan akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan
  6. Pembatalan hanya dapat dilakukan paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta, dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket. Proses pengembalian biaya tiket 30 s/d 45 hari kerja
  7. Tiket promosi (Tiket dengan kode sub class X, Y dan Z) tidak dapat dibatalkan, ataupun dilakukan perubahan data terhadapnya. 8. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.railink.co.id.

 

Cara Membeli Tiket Railink Flexi Secara Online

Untuk membeli tiket kereta api bandara secara online, silahkan kunjungi halaman reservasi tiket Railink Flexi di https://ticket.railink.co.id/flexiticket .

Setelah terbuka menunya, silahkan isi tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang

Isi data-data penumpang sesui dengan kartu identitas yang berlaku, bisa KTP, SIM atau Passport.

Jangan lupa juga untuk mengisi nomor handphone dan alamat email, pastikan alamat email yang dimasukkan adalah alamat email yang valid dan aktif karena nanti akan dipergunakan untuk mengirimkan e-ticket.

Jika sudah, lanjutkan dengan mengklik tombol lanjutkan.

Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman pembayaran. Untuk pembayaran ticket flexi untuk saat  ini hanya tersedia pembayaran melalui e-banking seperti dibawah ini.

Jadi untuk saat ini anda belum bisa membayar tiket flexi menggunakan trasnfer ATM atau melalui payment point seperti pembayaran tiket kereta pada umumnya.

Pilih salah satu methode pembayaran yang diinginkan.

Gambar dibawah ini menunjukkan pembayaran tiket railink flexi menggunakan kartu VISA yang dilayani oleh jasa pembayaran Doku.

Masukkan nomor Kartu Kredit anda, bulan dan tahun kadaluarsa serta kde rahasia (CVV) berupa 3 digit angka dibelakang kartu anda.

Setelah pembayaran selesai, anda akan medapatkan e-ticket dan bukti pembayaran.

 

Pada hari keberangkatan, bawa e-ticket atau struk pembayaran untuk ditukarkan dengan tiket dan kartu RFID di stasiun KA Bandara.

Pastikan anda membawa kartu identitas, karena sebelum masuk ke ruang tunggu stasiun akan dilakukan cross check data yang ada pada tiket dengan data pada kartu identitas.

Semoga anda menjadi lebih yakin dan percaya diri untuk membeli tiket kereta api bandara secara online karena porsesnya yang mudah.

Have a good trips!

Baca juga :  Jadwal dan Harga Tiket Railink Medan-Kualanamu PP Terbaru

 

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *