Mudik Dengan Bus Tingkat Mewah AKAP, Senyaman Pesawat Terbang

Bagi anda yang akan mudik menuju Solo, saat ini  PT Putera Mulya Sejahtera (Pamus) lewat Perusahaan Otobus (PO) Putera Mulya Karanganyar mendatangkan bus tingkat mewah AKAP , langsung dari Swedia untuk dipakai trayek menghubungkan Wonogiri – SoloJakarta dan rute sebaliknya.

Bus tingkat mewah antar kota antar propinsi ini dikalim memiliki fasilitas yang melebihi fasilitas pesawat terbang.

Kecanggihan Bus Tingkat Mewah AKAP Putera Mulya

Jika dilihat dari sticker besar yang menempel pada armada bus tingkat mewah Putera Mulya ini, tertulis SCANIA K410IB.  Saya coba menulusuri fitur mewah yang ada pada bus tingkat mewah ini.

Bus SCANIA K410 IB ini sudah menggunakan teknolgi Opticruise yang merupakan tehnologi transmisi semi-otomatis dari Scania, menggunakan electro-hydraulic sebagai pengendali kopling untuk kehalusan dan kepresisian perpindahan gigi. Scania mengklaim ini adalah cara baru dalam perpindahan gigi.

Opticruise, dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan berkendara pada penumpang dan dilengkapi dengan beberapa fitur terbaru yang terintegrasi untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik lagi dari generasi sebelumnya.

Mekanisme perpindahan gigi secara otomatis memberikan keuntungan kepada pengemudi, penumpang dan tentunya operator. Disamping memberikan kenyamanan, pengemudi dapat lebih leluasa berkonsentrasi mengendalikan kendaraan dan fokus kepada lalu lintas sekitar, tanpa terbagi konsentrasinya untuk mengontrol putaran mesin dan memindahkan persneling.

Dalam bus ini juga sudah ditanam  anti-lock braking system (ABS),electronic brake system , retarder, dan cruise control dengan opticruise transmission. Tak luput, adapula Engine Management yang merekam perjalanan dan perilaku pengemudi.

Scania K410IB mengandalkan mesin 13 liter DC13 yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Mesin enam silinder segaris, 4-katup per silinder, turbo-charged, intercooled, yang didukung Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) dan air cleaner itu mampu menyemburkan tenaga 410 Tk pada 1.900 rpm dan daya puntir 2.000 Nm pada 1.000 – 1.350 rpm.

Kenyamanan Didalam Bus Tingkat

Bagian interior bus tingkat atas  diperuntukkan  bagi Super Eksekutif Class, pada tingkat ini mampu menampung 38 penumpang.

First Executive Class mendapatkan fasilitas AC, Soliter LCD Passanger on Seat, Reclining Seat, Toilet, Leg Rest, Water Dispenser,  Smoking Room,Makan Prasmanan dan Snack.

Sementara di lantai bawah terdiri dari enam kursi penumpang bersebutan Elegant Class.

Elegant Class mendapatkan fasilitas AC, Soliter LCD Passenger on Seat, Electric Seat Adjustable, Leg Rest, Toilet, Coffee Maker, Makan Prasmanan dan Snack.

Kursi di Elegant Class dilengkapi charger USB dan pengaturan kursi dengan penggerak elektrik.

 

 Keunggulan Scania K410 IB:

  • Mesin yang lebih efisien
  • Aman dan pengereman yang lebih bertenaga
  • Nyaman dengan suspensi udara (Air Suspension)
  • Layar Display 6,5 ” untuk driver
  • Cocok untuk bus dengan panjang 13,5 meter

Teknologi:

  • Retarder
  • Opticruise (Transmisi otomatis)

Harga Tiket Bus Tingkat Mewah Jakarta – Solo

Bagi anda yang sudah tidak sabar menjajal kemewahan Bus Tingkat AKAP Putera Mulya ini dia kocek yang harus anda rogoh untuk perjalanan Jakarta – Wonogiri

Adapun harga tiketnya sebagai berikut :

Elegant Class dengan enam seat di dek bawah seharga Rp 325.000

Elegant Class mendapatkan fasilitas AC, Soliter LCD Passenger on Seat, Electric Seat Adjustable, Leg Rest, Toilet, Coffee Maker, Makan Prasmanan dan Snack.

Kursi di Elegant Class dilengkapi charger USB dan pengaturan kursi dengan penggerak elektrik.

Kemudian First Executive Class dengan 38 Seat di dek atas seharga Rp 225.000

First Executive Class mendapatkan fasilitas AC, Soliter LCD Passanger on Seat, Reclining Seat, Toilet, Leg Rest, Water Dispenser,  Smoking Room,Makan Prasmanan dan Snack.

Bus Tingkat Mewah Tren Baru Bus AKAP

Uji coba bus tingkat mewah antarkota antarprovinsi (AKAP) diselenggarakan oleh Tim dari Kementerian Perhubungan mengingat potensinya untuk menjadi tren baru dalam angkutan bus antar kota antar propinsi.

Uji coba diadakan bersama Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), serta perwakilan pengguna transportasi bus.

Muslih Zainal Asikin, Presidium Masyarakat Transportasi Indonesia, mengatakan, pihak Kemenhub saat ini sedang mencari masukan dari berbagai pihak, terkait operasional bus tingkat AKAP ini.

Bus tingkat AKAP akan menjadi tren baru transportasi bus pada masa mendatang karena ada kebutuhan di masyarakat yang menginginkan kenyamanan dalam bertransportasi, antara lain saat pulang kampung (pulkam).

“Ketika ada inovasi dari penyedia jasa transportasi, dan ada masyarakat yang mampu membayar demi kenyamanan, saya kira pada masa mendatang, ada peluang di segmen bus tingkat AKAP berkembang menjadi tren,” ujar Muslih dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Rabu (1/2/2017).

Muslih menambahkan, ketika jalan tol sudah menghubungkan Jakarta-Solo, perjalanan dengan bus tingkat ini bakal semakin nyaman. Dirinya berharap, kenyamanan itu bisa menjadi nilai tambah bagi transportasi bus.

“Ada tol, dengan bus ini di kecepatan 100 kpj masih terasa nyaman. Memang saat ini belum terasa, tetapi kalau sudah ada success story-nya, pasti yang lain ikut. Namun, ini bukan saingan antar-operator, tetapi bagaimana menarik penumpang baru yang mencari kenyamanan,” tutur Muslih.

Kurnia Lesani Adnan, bos PT Putera Mulya Sejahtera, penyedia bus tingkat AKAP jurusan Jakarta-Solo-Wonogiri, menuturkan, pihaknya sengaja menyediakan bus yang nyaman untuk menarik minat masyarakat yang belum pernah menggunakan bus bepergian ke Solo dan Wonogiri.

“Kami ingin memberikan dorongan baru untuk usaha transportasi bus bahwa bus yang ada sudah seperti ini. Kami menyediakan dua kelas yang unik di atas dan di bawah, dilengkapi sarana hiburan di setiap bangku,” ujar Kurnia.

Berdasarkan masukan peserta tes, bus tingkat layak dioperasikan di Indonesia, tetapi harus disesuaikan dengan kelas jalan yang cocok jika melihat bobot bus yang bongsor ini. (*)

Sudah siap mudik menggunakan bus tingkat super mewah ini?

 

Info Mudik Lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *