Penasaran Dengan Bus Angkutan Mudik Klasik Indonesia?

Jaman opa dan oma kita dulu kalau mudik naik bus kota, kira-kira seperti apa ya bentuk busnya? Mungkin saja bentuk busnya kotak seperti sabun mandi tempo dulu.

Rasa penasaran anda bisa terjawab jika datang pada INCUBUS 2017 yang merupakan pameran bus klasik dan unik yang pertama diselenggarakan di Indonesia.

Ajang ini diselenggarakan bersamaan dengan International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories, and Vehicle Equip (INAPA) sekaligus pameran Indonesia Bus, Truck, Heavy Equipment, and Component Exhibition (IIBT) 2017, di JI Expo, Kemayoran, 29 Maret-1 April mendatang.

INCUBUS 2017 merupakan pameran bus-bus klasik dari seluruh Indonesia. Tidak hanya klasik, bus-bus unik yang pernah menghiasi wajah transportasi Indonesia tersebut nantinya akan dijadikan ajang nostalgia dan referensi bisnis bagi kolektor bus klasik nasional.

PT Global Expo Management (GEM) Indonesia sebagai penyelenggara, menggandeng media Halte Bus, dengan tujuan membangkitkan kenangan sekaligus memperlihatkan sejarah perkembangan bus di Indonesia.

Pada era 90-an karoseri di Indonesia sangat diperhitungkan. Bahkan negara China belajar dari karoseri kita.

Bus Banteng

Ahmad Maimun Fikri dari Halte Bus mengatakan hingga saat ini beberapa perusahaan sudah mengkonfirmasi untuk mengikutsertakan koleksi bus mereka pada event ini.

“Bus Banteng yang dulu pernah digunakan para anggota DPR akan diikutsertakan. Tidak ketinggalan juga bus Superior Coach dan merk Mercy yang pernah menjadi angkutan ke bandara,” ujar Fikri dalam jumpa pers persiapan pameran RailwayTech Indonesia 2017, di Jakarta, Selasa (24/1).

Jajaran Bus Antik Yang Pernah Merajai Jalanan

Bus yang masuk dalam klasifikasi Klasik dalam artian orisinalitas model dan berumur lebih dari 20 tahun.  Unik karena busnya jarang ditemui di jalan-jalan di Jakarta atau di Indonesia.


Bus Lorena yang chassisnya dibuat pada tahun 1973 dan menjadi bus pertama milik Lorena yang dibeli pendirinya GT Surbakti pun tampil di publik, setelah sekian lama disimpan di Tajur, Bogor.

Bus antik lainnya adalah Mercedes-Benz OF-1113 buatan tahun 1973 milik PPD yang sangat langka, buatan Superior Coach, hanya tinggal dua dua yang tersisa dari sejarah bus kota Jakarta. Berkat ketelatenan PPD kedua bus itu masih beroperasi sebagai bus penolong hingga hari ini. Ada pula bus dengan keunikan lain dari perwakilan tahun pembuatan 1990-an.


Ada bus Mercedes-Benz OH306 OH-1518 ex DPR yang biasa melayani anggota DPR, serta Mercedes-Benz OH408 OH-1518 bus kota PPD yang masih beroperasi hingga kini.

Bus PPD non-AC yang masih beroperasi hingga kini? Karena bus ini berbodi alumunium dan telah beroperasi lebih dari 20 tahun, tidak banyak yang mengetahui bahwa bus yang dibuat Volgren Indonesia itu bagian dari kerjasama bisnis dan bisnis antara perusahaan Indonesia dengan Volgren, Australia.

Gelombang pertama Volgren yang dibuat di Australia digunakan pertama kali untuk mengangkut pendukung peserta KTT Gerakan Non-Blok tahun 1991.

Masih ada satu unit bus buatan tahun 1990-an, yakni Mercedes-Benz 508i. Siapapun yang  sering bepergian naik pesawat akan hafal dengan bus model ini.

Perum DAMRI banyak mengoperasikannya untuk bus Bandara, selain itu bus yang memiliki model yang khas juga digunakan sebagai bus kota di beberapa kota.

Terakhir, bus yang hanya ada satu di Indonesia, yakni Mercedes-Benz OH-1632 milik Blue Star. Bus dengan tenaga mesin 320 HP tergolong besar untuk ukuran tonase yang hanya 16 Ton.

Awalnya Mercedes-Benz menghadirkan chassis tipe ini untuk menggantikan chassis OH-1521 yang sudah lebih dari 10 tahun dijual di Indonesia. OH-1632 memiliki fitur teknologi yang sudah lebih maju dari versi OH-1521.

Mercedes-Benz digandeng sebagai partner pameran? Keberadaan Mercedes-Benz di Indonesia tak lepas dari kebutuhan transportasi nasional di tahun 1970an.

Salah satu pelaku sejarah penataan transportasi di negeri ini, almarhum Giri Suseno di tahun 2011 k pernah menyampaikan, bahwa pabrikan asal Jerman sengaja diundang untuk membangun pusat perakitan karena bus-busnya dinilai sangat andal.

Wah ternyata bus untuk mudik era Bapak Ibu kita seperti itu ya?

Info Mudik Lainya

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *