Antisipasi Macet Mudik 2017, Polri Telah Siapkan Strategi Khusus

 

Strategi arus mudik 2017 yang akan diterapkan oleh Polri diharapkan memperlancar arus lalu lintas pada masa arus mudik 2017 dan arus baliknya.

Kepolisian Republik Indonesia, dalm hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) tengah mempersiapkan strategi pengaturan lalu lintas mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2017.

Meski Hari Raya Idul fitri 2017 baru akan jatuh pada akhir Juni mendatang, akan tetapi strategi mudik 2017 mulai disusun.

Kepala Korlantas Polri Brigjen Pol Royke Lumowa mengatakan, sudah memikirkan strategi untuk mengatasi kemacetan saat mudik Lebaran. Survei sejumlah lokasi yang menjadi langganan macet seperti Brebes Timur dan Pemalang pun telah dilakukan.

“Jauh-jauh hari, sejak Januari ini, kami sudah memikirkan strategi dan melakukan survei untuk meminimalkan kemacetan saat mudik,” ujar Royke melalui keterangan tertulis yang dipublish SINDOnews, Jumat (20/1/2017).

Royke melanjutkan, polisi memiliki tantangan berat agar peristiwa macet parah di Jalur Pantura dan pintu keluar Tol Brebes Timur pada arus mudik 2016 lalu tidak terulang.

Saat itu, mayoritas kendaraan mudik melewati jalan tol sehingga terjadi kemacetan parah hingga memakan korban jiwa. Royke menargetkan, arus mudik 2017 mendatang bisa lebih lancar. Dia tak mau kemacetan parah saat mudik tahun lalu terulang.

Untuk mensukseskan target itu, kata dia, polisi harus kerja sama dengan masyarakat. Polisi dan pemangku kepentingan sedang mengkaji sistem yang cocok untuk mengendalikan volume kendaraan saat mudik.

“Saat mudik tahun lalu kemacetan hingga berhari-berhari. Kami menargetkan pada tahun ini, mudik Jakarta-Brebes lima jam,” kata Royke.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *